Kebakaran Kembali Landa Hutan Pinus Bukit Simanjalo Tobasa

  • Bagikan

.

Balige,  BatakToday –

Hutan Pinus di perbukitan Simanjalo, Kecamatan Balige, Toba Samosir (Tobasa), kembali terbakar, Kamis (4/8/2016). Api mulai terlihat sekitar pukul 11.15 WIB dan hingga pukul 18.00 WIB sore kawasan yang biasa disebut Bukit Marsanggul itu masih mengepulkan asap.

“Sumber api belum kita ketahui pasti. Tapi kebakaran sudah mencapai sekitar 2 Ha,” kata Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tobasa seperti dilansir dari laman resmi Pemerintah Kabupaten Tobasa (www.tobasakab.go.id).

Pantauan di lapangan, api terus merambat membakar hutan yang kering akibat musim kemarau akhir-akhir ini. Angin yang berhembus cukup kencang terlihat mempercepat jalaran api di kawasan itu.

Personil BPBD, Pemadam Kebakaran, Dinas Kehutanan, TNI dan Polri yang yang diturunkan mengatasi kebakaran, hingga Kamis (4/8/2016) sore belum berhasil melakukan pemadaman. Karena sulitnya medan, mobil pemadam kebakaran yang dikerahkan tidak bisa mendekati lokasi kebakaran.

Informasi yang dihimpun dari warga di sekitar lokasi mengatakan, api diduga dipicu orang-orang iseng.

“Api saya lihat awalnya dari sebelah sana (sebelah kiri perbukitan-red). Memang tadi ada saya dengan orang disitu,” ujar Napitupulu, petani yang kebunnya tak jauh dari lokasi kebakaran.

Data dihimpun, kebakaran dalam skala kecil kerap terjadi di beberapa kawasan perbukitan beberapa waktu terakhir. Di kawasan perbukitan Simanjalo sendiri dalam dua bulan terakhir terjadi 3 kali kebakaran. Sebelum peristiwa ini, terakhir kali kebakaran terjadi pada Sabtu (30/7/2016) lalu.

Pada Minggu (31/8/2016) kebakaran juga menimpa kawasan perbukitan Desa Bonan Dolok dan Desa Hutagaol. Sebelumnya pada Selasa (26/7/2016) sekitar 2 Ha hutan di Perbukitan di Desa Sibuntuon juga terbakar. Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak kepolisian. (bidangkominfo/stb/ft)

Foto: Upaya pemadaman kebakaran di perbukitan Simanjalo, Kecamatan Balige, Toba Samosir (Tobasa), Kamis (4/8/2016). (ist)

  • Bagikan