NOS Tampilkan Modern Ethnic Music di Austrian Batak Rock

  • Bagikan

Pematangsiantar, BatakToday

NOS Band akan tampil sebagai band pembuka pada konser musik Austrian Batak Rock yang akan menghadirkan Tasha Band dan Hermann Delago asal Austria sebagai penampil utama, di Open Stage Tuktuk Siadong, Samosir pada Sabtu (27/8/2016) malam.

Ada yang unik dengan band instrumental yang memilih kota Yogyakarta sebagai home-base nya, dimana seluruh personilnya halak kita  yang ‘asli’ asal Sumatera Utara.

Ucok Hutabarat, dari Tarutung, Markus Sirait asli Siantar, Jecky Sembiring anak Medan, Andre Tarigan-Medan, Yosef Tarigan juga Medan, Erwin Sianturi anak ‘kota rambutan’ Binjai dan Eko Sirait dari kota Parapat.

Musik yang dibawakan band ini mengkolaborasikan alat musik tradisional dari berbagi daerah dengan alat musik modern.

NOS Band saat tampil The Logos Café, Jalan Sudirman, Pematangsiantar. Selasa 23/8/2016, malam (bataktoday/at)
NOS Band saat tampil The Logos Café, Jalan Sudirman, Pematangsiantar. Selasa 23/8/2016, malam (bataktoday/at)

Dalam perbincangan dengan Bataktoday, Markus Sirait menerangkan  nama ‘NOS’ berasal dari bahasa Portugis yang memiliki arti ‘kita’ dan NOS Band tidak terpatron dengan salah satu genre musik, dan lebih kepada penyampaian pesan-pesan moral, sosial dan lingkungan melalui alunan musik yang mereka mainkan.

“Band kita sudah 6 tahun berdiri, dan tidak terpatron dengan salah satu genre. Cuma, yang pasti band kita ingin menyampaikan dan berbicara tentang lingkungan, moral dan sosial melalui music,” jelas musisi yang memainkan alat musik tiup dan petik tradisional ini usai manggung di The Logos Café Jalan Sudirman Pematangsiantar, Selasa (23/8/2016) malam.

Menambahkan apa yang disebutkan Markus, Ucok “Capricorn Dukhon Hamonangan” Hutabarat mengatakan pada acara konser Austrian Batak Rock mereka akan membawakan 6 lagu dari album pertama mereka  yang berjudul Elanvital, yang memiliki makna proses bangkitnya seseorang dari keterpurukan.

“Di sana kita akan tampil membawakan 6 lagu dari album pertama kami. Penasaran? Datanglah ke Tuktuk Sabtu ini,” ujar penggesek biola berambut gimbal, yang juga bergabung dengan grup band Sirkus Barock milik Sawung Jabo ini. (AT)

Foto:

Personil NOS Band, yang akan tampil sebagai band pembuka dalam konser music Austrian Batak Rock di Open Stage Tuktuk Siadong pada Sabtu 27/8/2016 (bataktoday/at)

  • Bagikan