Mendagri: Integrasi Platform Smart City Pondasi Menuju Indonesia Smart Nation

  • Bagikan

.

Jogjakarta, BatakToday –

Di tengah-tengah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat, pemerintah Indonesia berupaya memanfaatkan internet sebagai media komunikasi. E-government menjadi salah satu instrumen pemerintah yang diharapkan mampu membangun hubungan baik dengan masyarakat, dunia usaha, maupun instansi pemerintahan lainnya. Program smart city sebagai penerapan e-government diyakini dapat mewujudkan sinergitas dan kolaborasi antar pemerintah daerah di wilayah masing-masing.

Demikian diungkapkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, Selasa (6/9/2016) pada kunjungan kerja dalam rangka kerjasama pengembangan Smart City Indonesia dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Microsoft.

“integrasi konsep dan platform smart city ini sebagai pondasi Indonesia menjadi bangsa yang lebih pintar atau smart nation,” ujar Tjahjo.

Pembangunan smart city di masing-masing wilayah, menurut Tjahjo, sebagai fasilitas dalam meningkatkan sinergi antara akademisi, dunia usaha, pemerintah dan juga komunitas yang ada di daerah.

Mendagri mengungkapkan, dalam mewujudkan smart city, pemerintah bersepakat untuk mempercepat dan mengefisiensikan pembangunan smart city melalui tempat penyimpanan (repository) nasional.

“Sebagaimana hasil pertemuan dalam acara Smart City Forum di Bandung dihasilkan beberapa kesepakatan, salah satunya berbagi pakai aplikasi untuk mengefisiensikan pembangunan smart city melalui repository nasional,” katanya.

Untuk diketahui, Kementerian Dalam Negeri menjalin kerjasama dengan Universitas Gadjah Mada dan PT.Microsoft dalam mewujudkan penerapan teknologi Informasi dan komunikasi di lingkungan pemerintahan.

“Semoga dengan adanya kerja sama ini pembangunan smart city di Indonesia dapat dipercepat dalam rangka mencapai tujuan otonomi daerah,” tutup Tjahjo.  (MJ/rel)

Foto: Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memberikan keterangan kepada pers, Selasa (6/9/2016) pada kunjungan kerjanya ke Jogjakarta dalam rangka kerjasama pengembangan Smart City Indonesia dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Microsoft. (dok humas puspen kemendagri)

  • Bagikan