Luncurkan 48 Inovasi Pelayanan Publik, Bupati Pakpak Bharat Raih INAGARA Award

  • Bagikan
Bupati Pakpak Bharat Remigo Yolando Berutu saat menerima penghargaan Inovasi Administrasi Negara Award 2016 (INAGARA) yang diserahkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan dan RB) Asman Abnur pada pembukaan Temu INAGARA, Selasa (27/9/2016) di Gedung Makarti, Kampus PPLPN LAN Pejompongan Jakarta. (humas pakpak)

Jakarta, BatakToday –

Bupati Pakpak Bharat Remigo Yolando Berutu berhasil meraih penghargaan Inovasi Administrasi Negara Award 2016 (INAGARA) yang diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan dan RB) Asman Abnur pada pembukaan Temu INAGARA, Selasa (27/9/2016) di Gedung Makarti, Kampus PPLPN LAN Pejompongan Jakarta. Remigo mendapat penghargaan kategori Kepala Daerah Laboratorium Inovasi. Penghargaan yang merupakan award inovasi tertinggi untuk Laboratorium Inovasi. Sebanyak 48 inovasi yang diluncurkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pakpak Bharat selama ini dinilai berhasil meningkatkan pelayanan publik secara signifikan

“Ini saya persembahkan untuk masyarakat Pakpak Bharat. Semua keberhasilan dalam melakukan berbagai inovasi ini tak lepas dari peran masyarakat Pakpak Bharat,” ungkap Bupati Remigo usai menerima penghargaan.

Menteri PAN dan RB Asman Abnur memuji penyelenggaraan Festival Inovasi yang digagas LAN. Dia berharap acara ini dapat mendorong inovasi-inovasi yang ada didaerah untuk dikembangkan di tingkat nasional, demikian pula sebaliknya.

Menpan dan RB Asman Abnur didampingi Bupati Pakpak Bharat Remigo Yolando Berutu saat menggunting pita pada stand Kabupaten Pakpak Bharat. (Ztliu lytr Er)
Menpan dan RB Asman Abnur didampingi Bupati Pakpak Bharat Remigo Yolando Berutu saat menggunting pita pada stand Kabupaten Pakpak Bharat. (Ztliu lytr Er)

Sementara Plh Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Tri Widodo Wahyu Utomo mengatakan, inovasi merupakan keniscayaan agar bangsa Indonesia mampu bersaing di kancah global.

”Dengan inovasi, hubungan antar instansi yang berkaitan dengan urusan pelayanan publik dirasakan semakin penting untuk menyelaraskan dan saling melengkapi guna pencapaian kinerja pelayanan publik yang prima,” katanya.

Menurut Tri, pemberian penghargaan tersebut dapat mendorong pengembangan inovasi dan mempromosikan gerakan inovasi dalam penyelenggaraan adiminstrasi Negara sebagai suatu kebutuhan dalam organisasi.

Selain kepada Bupati Pakpak Bharat, LAN juga memberikan penghargaan INAGARA Award kepada tujuh kepala daerah Laboratorium Inovasi lainnya, yakni Walikota Pontianak, Walikota Tarakan, Walikota Baubau, Walikota Samarinda, Bupati Kupang, Bupati Kebumen dan Bupati Garut. LAN juga memberikan penghargaan Lomba INAGARA Internal LAN kepada sepuluh finalis LAN.

Acara pemberian penghargaan dilanjutkan dengan kunjungan Booth Festival INAGARA, dimulai dari stand Kabupaten Pakpak Bharat yang ditandai dengan pengguntingan pita oleh Menteri PAN RB Asman Abnur didampingi Bupati Remigo.

Temu INAGARA juga diisi dengan deklarasi dan penandatanganan Tri Satya INAGARA oleh seluruh peserta dilanjutkan dengan diskusi panel serta talk show best practises laboratorium inovasi administrasi negara oleh sejumlah kepala daerah. (BKK/rel)

  • Bagikan