Wonderful Indonesia Sabet 2 Award di Gauteng Getaway Show Africa 2016

  • Bagikan
Salah satu penari Mawar Budaya berpose dengan salah satu ekshibitor yang berkunjung ke gerai Wonderful Indonesia pada pameran Gauteng Getaway Show 2016 yang digelar di Ticketpro Dome, Johannesburg, Afrika Selatan, 23-25 September 2016. (dok AfronesiaTours)

Johannesburg, BatakToday –

Setelah sukses di beberapa event pameran wisata di kawasan Asia Pasifik, Wonderful Indonesia kembali mencatat sukses di belahan lain dunia. Di Afrika, kepak sayap national brand pariwsata Indonesia juga makin diperhitungkan. Dua penghargaan bergengsi berhasil disabet pada pameran Gauteng Getaway Show  2016 yang digelar di Ticketpro Dome, Johannesburg, Afrika Selatan, 23-25 September 2016 lalu. Di ajang bergengsi itu, Wonderful Indonesia sukses merebut penghargaan Best International Destination 2016 dan Award of Excellence Spirit of Getaway 2016.

“Alhamdulillah Wonderful Indonesia dapat dua award. Ini sangat membanggakan. Kami terus terinspirasi Pak Menpar Arief Yahya, bahwa kemenangan itu harus direncanakan! Kalau mau sukses di level global, maka gunakan global standart juga,” terang Asisten Deputi Pengembangan Pasar Eropa, Timur Tengah, Amerika dan Afrika Kementerian Pariwisata Nia Niscaya Sabtu (1/10/2016).

Menurut Nia, prestasi Wonderful Indonesia pada event tersebut memiliki dampak besar dalam pemasaran pariwisata Indonesia di manca negara. Alasannya, event di Johannesburg itu adalah pameran dan bursa pariwisata terbesar Afrika Selatan. Tidak kurang dari 350 ekshibitor dan pengusaha dari puluhan negara ikut serta di dalamnya.

“Jadi sangat strategis bagi Indonesia. Penghargaan ini akan semakin membuka mata publik di dunia khususnya di Afrika dan sekitarnya tentang pariwisata Indonesia. Ini juga bisa menjadikan tumpangan untuk mempopulerkan destinasi wisata Indonesia,” kata Nia.

Tim #WonderfulIndonesia berpose bersama di arena Ticketpro Dome, Johannesburg, Afrika Selatan, usia meraih 2 award pada pameran Gauteng Getaway Show Africa 2016. (dok kemenpar)
Tim #WonderfulIndonesia berpose bersama di arena Ticketpro Dome, Johannesburg, Afrika Selatan, usia meraih 2 award pada pameran Gauteng Getaway Show Africa 2016. (dok kemenpar)

Senada, Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kemenpar, I Gde Pitana, optimis dengan raihan di Johannesburg tersebut brand Wonderful Indonesia akan semakin diperhitungkan dunia. Menurutnya,
kemenangan itu semakin lengkap setelah sebelumnya Wonderful Indonesia juga meraih penghargaan The Most Beautiful Diving Destination di Taiwan, serta 2 penghargaan kategori ‘Best Innovative Stand’ di Sydney, dan ‘10 sqm & Over. Dua penghargaan di Xian, Tiongkok, serta empat award di PATA Travel Mart 2016.

“Ini prestasi yang luar biasa. Kami semakin confidence, makin kredibel, dan makin cepat berkalibrasi dengan idealnya menggarap sebuah event. Efeknya bisa menularkan virus kompetisi internal kita, destinasi, pelaku bisnis, seniman, pemerhati, dan semua pihak yang concern di pariwisata,” jelas Pitana.

Pitana menambahkan, penyelenggara Gauteng Getaway Show mengapresiasi tim Wonderful Indonesia karena tampil unik dan menampilkan sajian berkelas dunia. Beragam atraksi dan suguhan makanan khas yang disuguhkan dinilai sangat fantastis.

“Panitia mengapresiasi Indonesia dan berterima kasih karena telah menyuguhkan Kopi Padang yang enak, kuliner Indonesia yang lezat, terutama rendang yang sudah mendunia, berikut penampilan tarian dan keramahan dalam melayani tamu yang datang ke booth Wonderful Indonesia,” katanya.

Totalitas itu, imbuh Pitana, membuat Wonderful Indonesia mendapatkan banyak nilai ekstra. Tim Wonderful Indonesia yang meliputi perwakilan dari Kementerian Pariwisata, tim Chef Marco, dan tim penari Mawar Budaya, sukses menarik banyak pengunjung ke gerai Wonderful Indonesia yang menyajikan makanan khas nusantara gratis mulai dari rendang, ayam panggang cabai hijau, hingga kue-kue tradisional.

Imbasnya, sejumlah pelaku usaha seperti Nusa Dua Beach Hotel Bali, Holiday Inn Bandung, Maya Resort Bali, Bhara Tours Bandung, Singapore Airlines, serta travel lokal Afronesia Tours dan The Facets, semakin mudah memasarkan produknya di pameran akbar tersebut.

“Dampaknya bukan hanya pada jumlah turis dan kunjungan yang akan datang, tapi juga spending-nya saat berada di Indonesia,” tambah Pitana. (Gee/rel)

  • Bagikan