Mantan Panwaslih Siap Diaktifkan untuk Pilkada Siantar

  • Bagikan
Kantor Panwaslih Pematangsiantar (bataktoday/em)

Pematangsiantar, BatakToday

Mantan Ketua Panwaslih Siantar, Josef Sihombing mengungkapkan bahwa pasca diterimanya salinan putusan sengketa Pilkada Siantar oleh KPUD Siantar, sampai saat ini belum ada tanda-tanda Bawaslu Sumut bakal mengaktifkan kembali mantan anggota Panwaslih Siantar.

Tetapi,  Josef menegaskan setelah KPUD Siantar menerima salinan putusan, Panwaslih Siantar akan  semakin lebih aktif menjalin komunikasi dengan Panwas Kecamatan (Panwascam), dan PPL di Tempat Pemungutan Suara (Panwas TPS), untuk mempersiapkan pelaksanaan pengawasan pilkada nantinya.

“Walau non aktif, kita tetap menjalin komunikasi selama ini” ucap Josef saat dihubungi via seluler, Rabu (12/10).

Josef menjelaskan, sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 51 Tahun 2015, masa kerja Panwaslih Siantar telah habis pada bulan April 2016. Sehingga menurutnya, dalam menjalankan tugasnnya Panwaslih Siantar harus mempunyai dasar hukum yang harus diterbtkan lagi.

“Karena masa jabatan sudah habis, maka Panwalih harus punya dasar hukum, termasuk untuk mendapatkan anggaran. Maka, Bawaslu Sumut saat ini berkoordinasi dengan Menteri Dalam Negeri terkait dasar hukum pengaktifan mantan Panwaslih. Sekarang kita tinggal menunggu pengaktifannya,” terang Josef.

Josef mengakui, Panwaslih Siantar membutuhkan waktu berkonsolidasi dengan bawahannya. Namun, dia menilai Panwaslih Siantar tidak membutuhkan waktu yang lama melakukan konsolidasi. Sebab selama non aktif,  Panwaslih Siantar selalu menjalin komunikasi dengan mantan pengawas lain di tiap tingkatan.

“Kita cuma butuh waktu 14 hari bekonsolidasi. Jadi, mantan Panwaslih Siantar siap diaktifkan untuk mengawasi Pilkada,” ujarnya mengakhiri. (EM)

  • Bagikan