Amankan Pilkada, Polresta Siantar Turunkan Sekitar 800 Personil

  • Bagikan
Kapolresta Siantar dan Ketua KPUD Siantar, saat memberikan keterangan tentang pengamanan Pilkada (bataktoday/em)

Pematangsiantar, BatakToday

Kepala Kepolisiaan Resort (Kapolres) Kota Pematangsiantar, AKBP Dodi Darjanto menyatakan kesiapan pihaknya untuk mengamankan pelaksanaan tahapan Pilkada  yang sempat tertunda. Menurutnya, pengamanan pelaksanaan Pilkada merupakan kewajiban dari pihak Polresta Siantar.

“Tadi pihak KPUD Siantar telah menjelaskan jadwal, dan tahapan pelaksanaan Pilkada Siantar yang tertunda. Hari ini, pihak Polresta Siantar akan mengamankan tahapan pencermatan logistik, dan Daftar Pemilih Tetap (DPT),” kata Dodi Darjanto kepada wartawan, Rabu (19/10) di halaman kantor KPUD Siantar.

Dalam mengamankan pelaksanaan Pilkada Siantar, Dodi mengutarakan bahwa jauh sebelumnya Polresta Siantar sudah berkoordinasi dengan Kepolisian Daerah  Sumatera Utara (Poldasu). Karenanya dia menambahkan, Poldasu juga bakal menurunkan personil untuk membantu Polresta Siantar mengamankan Pilkada.

“Bila digabung dengan Poldasu, ada sekitar 800 personil yang bakal kita turunkan,” terang Dodi.

Dodi menyebut, Polresta Siantar akan menindak tegas oknum yang melakukan perbuatan melawan hukum selama KPUD Siantar melaksanakan tahapan Pilkada.

Dia menghimbau agar semua pihak berperan aktif menjaga keamanan selama pelaksanaan tahapan Pilkada Siantar. Menurutnya, Polresta Siantar tidak bisa bekerja sendiri selama mengamankan Pilkada Siantar.

“Jadi, marilah kita semua masyarakat Siantar bersama-sama menjaga keamanan, selama berlangsungnya pelaksanaan tahapan Pilkada,” himbaunya.

Sementara Ketua KPUD Siantar, Mangasi Tua Purba mengatakan, pihaknya selalu aktif berkoordinasi dengan Polresta Siantar untuk mengamankan pelaksanaan tahapan Pilkada.

“Masing-masing menjalankan tugas dan kewajibannya, sesuai dengan yang diatur oleh Undang-Undang. Namun demikian, KPU Siantar tetap aktif berkoordinasi, meskipun itu merupakan kewajiban Polresta Siantar untuk menjaga keamanan selama pelaksanaan tahapan Pilkada,” ungkapnya. (EM)

  • Bagikan