Konferda DPD PIKI Sumut Digelar di HDTI Medan

  • Bagikan
Pembukaan Konferda PIKI Sumut, di Hotel Danau Toba International, Medan (bataktoday/afr)

Medan, BatakToday

Konferensi Daerah Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Intelegensia Kristen Indonesia Sumatera Utara (Konferda DPD PIKI Sumut) tahun 2016 secara resmi dibuka Gubernur Sumut diwakili asisten bidang pemerintahan Hasiholan Silaen, di Deli Room Hotel Danau Toba Internasional (HDTI) Medan, Sabtu (22/10/2016). Konferda yang dihadiri seluruh perwakilan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) se Sumut ini, juga dihadiri oleh Sekretaris Umum DPP PIKI Audy WMR Wuisang STh,MSi.

Pembukaan diawali dengan ibadah singkat dengan penghotbah Pdt Agustinus Purba MTh (Ketua Moderamen GBKP), dilanjutkan dengan upacara nasional dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mengheningkan cipta.

Konferda ini digelar, dalam rangka periodeisasi kepengurusan PIKI Sumut yang telah habis masa periodenya. Demikian disampaikan Ketua DPD PIKI Sumut, Nelson Parapat SH dalam sambutannya.

“Harapan kami forum konferensi daerah kita jadikan sebagai refleksi untuk mengungkapkan pengalaman eksistensial dan perilaku organisasi selama pelayanan kami yang sampai melewati ambang batas keperiodean. Kami juga berharap ada evaluasi yang objektif untuk mengambil keputusan yang tepat guna melanjutkan konsolidasi organisasi PIKI di Sumatera Utara ke depan,” kata Nelson.

Juga disampaikannya, bahwa forum konferda hendaknya bisa dimanfaatkan sebagai momentum menjadikan PIKI sebagai lokomotif masyarakat Kristen lintas denominasi untuk memberi kontribusi intelektual kepada gereja dan bangsa dalam menggumuli dan mengatasi berbagai masalah yang dihadapi bersama.

Ia mengajak para pimpinan cabang PIKI se Sumut bergandengan tangan untuk memikul salib Kristus.

“Mari dedikasikan yang terbaik di konferda ini demi kemajuan PIKI Sumut,” ajaknya.

Mewakili Gubernur, Hasiholan Silaen mengajak kiranya DPD PIKI Sumut dapat bersinergi dengan pemerintah daerah untuk mewujudkan pembangunan. Khususnya dalam menjawab berbagai persoalan yang terjadi di tengah masyarakat.

Sementara Sekretaris Umum DPP PIKI Audi WMR Wuisang STh MSi menyampaikan sambutan tertulis Ketua DPP PIKI Baktinendra Prawiro MSc MH. Ia juga mengajak, kiranya warga Kristen yang turut dalam dunia politik supaya menunjukkan jati diri sebagai seorang Kristen.

“Mari berpolitik dengan santun, tidak menyinggung komunitas yang lain,” katanya.

Ketua Panitia Konferda Burhanuddin Rajagukguk melaporkan Konferda kali ini mengusung tema “Kebenaran Meninggikan Derajat Bangsa (Amsal 14:34)”, dengan sub tema “Peran dan tanggung jawab intelegensia dalam membangun NKRI yang bermartabat dan berkesejahteraan rakyat”.

Ibadah pembukaan Konferda PIKI Sumut ini diisi dengan persembahan pujian dari Paduan Suara Elshadai USU dan PWKI Sumut.

Turut hadir para pengurus PIKI Sumut Nelson Parapat, Gandi Tambunan, Sihar Cibro, Viktor Silaen, Ronald Naibaho, Jadi Pane SPd, John Eron Lumbangaol, Edward Simanjuntak, Binsar Simatupang, dan yang lainnya. Turut hadir Ketua GAMKI Medan Parulian Tampubolon, Mewakili Lembaga Keumatan JA ferdinandus, Mewakili Lembaga Gereja Pdt Dr Eben Siagian (Sekjen GTDI).

Sejumlah undangan yang juga hadir diantaranya Anggota DPRD Sumut Januari Siregar, Juliski Simorangkir, Ketua DPRD Taput Ottoniyer Simanjuntak dan yang lainnya.(AFR)

  • Bagikan