Pilkada Siantar: KPU Sumut Himbau Mayarakat Gunakan Hak Pilih

  • Bagikan
Tiga Komisioner KPU Sumut, bersama Ketua KPU Siantar, saat melakukan konperensi pers (bataktoday/em)

Pematangsiantar, BatakToday

Dalam rangka melakukan supervisi tahapan Pilkada Siantar yang tertunda, 3 Komisioner Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumut, yakni Mulia Banurea, Benget Silitonga, dan Yulhasni hadir di kantor KPU Siantar untuk menggelar rapat koordinasi, Jumat (21/10).

Usai menggelar rapat koordinasi, dalam konperensi persnya Ketua KPU Sumut, Mulia Banurea mengatakan, Pilkada Siantar yang tertunda akan berjalan sesuai dengan tahapan, program, dan waktu yang telah ditentukan. Menurutnya, selama waktu berjalan KPUD Siantar telah melalui beberapa tahapan.

Mulia menambahkan bahwa sesuai agenda tahapan Pilkada Siantar, KPU Siantar juga memfasilitasi 4 pasangan calon untuk menajamkan visi dan misinya kembali.

Kemudian terkait pengaktifan mantan Panwaslih Siantar, Mulia menyebut hal itu bukan wewenang KPU Sumut, melainkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumut.

Dikatakannya, KPU Sumut sudah berkoordinasi dengan Bawaslu terkait tahapan Pilkada Siantar yang tertunda.

“Seperti pada saat tahapan pencermatan logistik, dan Daftar Pemilih Tetap (DPT), pihak Bawaslu Sumut kan datang mengawasi,” ujarnya.

Untuk mendorong lebih masif masyarakat untuk menggunakan haknya pada hari pemungutan suara, Mulia mengutarakan,  KPU Siantar bakal lebih aktif bersosialisasi dengan pihak-pihak terkait. Oleh karena itu, sebagai ketua KPU Sumut, Mulia turut menghimbau agar masyarakat Siantar menggunakan hak pilihnya pada hari Rabu, tanggal 16 November 2016.

Sementara komisioner lainnya, Yulhasni mengatakan, mengenai pemutakhiran DPT, KPU Siantar masih menunggu hasil koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Siantar. Menurutnya, KPU Siantar harus melakukan pemutakhiran DPT karena Pilkada sudah tertunda hampir 10 bulan lamanya.

“Setelah menerima DPT dari Disdukcapil, KPU Siantar nantinya akan menentukan jumlah DPT melalui pleno,” tegasnya mengakhiri.(EM)

  • Bagikan