Pilkada Siantar, Otto Hasibuan: “Paslon Harus Mendidik, Tolak Politik Uang”

  • Bagikan
Otto Hasibuan, di salah satu warung kopi, Jalan Gereja, Simpang Ampat, Pematangsiantar (bataktoday/em)

Pematangsiantar, BatakToday

Pengacara senior kelahiran Pematangsiantar, Otto Hasibuan, turut memberi perhatian terhadap proses pelaksanaan Pilkada Siantar. Dia berharap, walikota yang terpilih nantinya dapat membawa Siantar menjadi lebih baik.

Hal ini disampaikan Otto saat dijumpai wartawan di salah satu warung kopi di Jalan Gereja, Simpang Ampat, Pematangsiantar, Senin (24/10).

Otto menilai bahwa selama 5 tahun belakangan ini, tidak ada pembangunan yang signifikan di kota Siantar. Menurutnya, sudah saatnya masyarakat Siantar memilih walikotanya dengan menggunakan hati nurani. Sebab, sambung Otto, walikota yang terpilih karena menggunakan politik uang, tidak akan pernah sungguh-sungguh memperhatikan masyarakatnya.

“Kalau dikasi 100-200 ribu, untuk apa lah itu? Paling lama seminggu saja, sudah habis. Sementara nasib kota Siantar 5 tahun lagi akan semakin rusak,” tegas Otto.

Di sisi lain, Otto berpendapat politik uang sangat dilematis bagi paslon peserta Pilkada Siantar.

“Artinya begini, ada paslon yang tidak mau mengeluarkan uang, sementara masyarakatnya tidak mau memilih tanpa diberi uang. Akhirnya terpaksa paslon lain pun mengeluarkan uang supaya dipilih. Karena pada prinsipnya, semua paslon ingin menang,” terangnya.

Mengantisipasi politik uang,  Otto menyarankan para penegak hukum bertindak sesuai wewenangnya dalam melakukan pengawasan. Lalu kepada Panwaslih, Otto berharap agar dilakukan pengawasan yang maksimal terhadap politik uang.

“Rekan-rekan pers juga harus mengawasi kinerja Panwaslih. Benar gak Panwaslihnya mengawasi politik uang,” pintanya.

Kepada paslon peserta Pilkada Siantar, Otto meminta supaya mengedukasi masyarakat menggunakan hak pilih. Dia juga menghimbau agar  masyarakat Siantar menolak politik uang.

”Sudahlah, mari kita semua bersama-sama meninggalkan politik uang, demi kebaikan kota Siantar 5 tahun kedepan,” himbaunya.(EM)

  • Bagikan