Jong Bataks Arts Festival #3, Belum Dibuka sudah Gemuruh…

  • Bagikan
Suasana pembukaan Jong Bataks Arts Festival #3 di Taman Budaya Jalan Perintis Kemerdekaan Medan, Selasa (25/10/2016) petang. (foto: humas JABF #3)

Medan, BatakToday –

Gelegar sound dari panggung utama Jong Bataks Arts Festival #3 sukses menyedot perhatian pengguna Jalan Perintis Kemerdekaan, Medan, Selasa (25/10/2016) siang. Gemuruh musik serta antusiasme penonton hari pertama festival seakan menjadi soft opening dadakan, menunggu kehadiran  Gubernur Sumatera Utara, Tengku Eri Nuradi yang sesuai informasi masih menghadiri pemberian penghargaan kepada Ibu PAUD di Asrama Haji, Medan, Sumatera Utara.

Para penonton yang didominasi oleh siswa sekolah menengah atas sudah berbondong-bondong memasuki Taman Budaya sejak pukul 14.00 WIB. Untuk mengisi waktu sebelum dibuka secara resmi, MC mempersilahkan Agus Susilo untuk membawakan puisi Tao Toba yang diambil dari buku Seribu Sajak Tao Toba. Pembacaan puisi yang begitu memukau dengan syair yang sarat pesan moral itu cukup menyedot minat penonton.

Hentakan musik Terkejut Band, disusul Monolog Puisi Topeng oleh Rizky Nasution (Medan Heritage) dan diakhiri performa menyegarkan dari kawula SMA Dharmawangsa hingga pukul 16.20 WIB berhasil mempermainkan emosi penonton, seakan festival sudah resmi dimulai.

Topeng dan Penabuh Gendang (Humas JBAF#3)
Topeng dan Penabuh Gendang (JBAF#3)

Hadir pada soft opening dadakan ini, perwakilan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) dari Jakarta, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Utara, Kepala Taman Budaya, Budayawan Sumut Irwansyah Harahap, awak media dan para pekarya yang akan mengisi acara festival.

“Ini tahun yang ketiga, kami berharap kegiatan ini dapat menjadi kegiatan kebudayaan skala nasional. Terimakasih atas perhatian pemerintah terhadap anak-anak muda Sumatera Utara” ujar Ojax Manalu, Direktur Jong Bataks Arts Festival #3.

Ojax tak lupa menghaturkan terimakasih kepada BEKRAF yang berpartisipasi mendukung anak-anak muda Sumatera Utara dalam festival ini.

Perwakilan BEKRAF pun ikut menyatakan apresiasi kepada penyelenggara Jong Bataks Arts Festival #3. Pihak BEKRAF menjelaskan bahwa salah satu dari 16 sektor yang ingin dicapai dalam pengembangan ekonomi kreatif adalah Seni, seperti yang di selenggarakan oleh panitia Jong Bataks Arts Festival #3 ini.

“Semoga acara Jong Bataks Arts Festival 4 akan didukung kembali oleh Badan Ekonomi Kreatif” ujar perwakilan BEKRAF sekaligus membuka acara Jong Bataks Festival Arts #3, setelah dari hasil konfirmasi panitia, ternyata Gubernur Sumatera Utara batal hadir.

Akhirnya Jong Bataks Arts Festival #3 secara resmi dibuka oleh perwakilan BEKRAF pada pukul 16.55 WIB. (ajvg/rel)

  • Bagikan