KPUD Siantar Temukan 1.700 Pemilih Ganda

  • Bagikan
Enam hari menjelang pemungutan suara, petugas sedang giat melakukan validasi terhadap Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Susulan di Kantor KPU Kota Pematangsianta Jalan Porsea, Kamis (10/11/2016) siang. (foto: Erwin Manullang)

Pematangsiantar, BatakToday –

Komisioner bidang teknis Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pematangsiantar, Batara Manurung mengungkapkan, hingga hari ini pihaknya menemukan 1.700 pemilih ganda pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang telah ditetapkan pada Jumat (4/11/2016) lalu. Sesuai ketentuan, imbuh Batara, hasil validasi DPT ganda ini tidak mempengaruhi jumlah pemilih pada DPT yang telah ditetapkan sebelumnya. Namun hasil validasi tersebut akan digunakan untuk koreksi daftar pemilih pada TPS sekaligus mencegah pendistribusian undangan C6 ganda.

“Sekarang kita dalam tahap proses validasi. Karena validasi DPT sampai hari menjelang pemungutan suara merupakan ketentuan pada saat penetapan jumlah. Artinya kalau 1.700 DPT ganda, berarti ada sekitar 850 pemilih ganda yang sedang kita validasi,” ujar Batara kepada wartawan, Kamis (10/11/2016) di Kantor KPU Kota Pematangsiantar Jalan Porsea.

Dalam melakukan validasi, sebut Batara, KPU Pematangsiantar mencoret satu nama pemilih yang ganda. Dijelaskannya, pencoretan dilakukan untuk mengakuratkan jumlah pemilih dalam DPT yang akan menggunakan hak pilihnya sampai menjelang hari pemungutan suara.

“Pemilih ganda ini namanya terdapat di 2 TPS. Contohnya, namanya ada di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 1 dan TPS 2. Jadi kita coret namanya  dari salah satu TPS.,” terang Batara.

Batara menegaskan, dengan validasi DPT ini, KPPS tidak akan mendistribusikan dua surat undangan C6 kepada pemilih yang sama. Dia juga memastikan, validasi DPT ganda yang dilakukan oleh KPUD Siantar akan selesai secepatnya.

“Validasi DPT ganda ini sudah dua hari kita lakukan, dan saya yakin hari ini juga akan selesai. Kemudian setelah itu,  kita  sampaikan  surat undangan C6, dan DPT Ke KPPS untuk  didistribusikan sesuai jadwal,” tutupnya. (EM)

  • Bagikan