Pj Walikota Siantar: Politik Harapan, Warisan Terbaik Para Pahlawan Bangsa

  • Bagikan
Penjabat Walikota Pematangsiantar Anthony Siahaan saat bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Pahlawan di Lapangan Adam Malik, Kamis (10/11/2016) pagi. (foto: humas str)

Pematangsiantar, BatakToday  –

Peringatan Hari Pahlawan merupakan peringatan nasional pada setiap 10 November yang didasarkan pada peristiwa “Pertempuran 10 November 1945” di Surabaya. Pertempuran ini merupakan yang pertama dan terbesar antara pasukan Indonesia dengan asing pasca proklamasi kemerdekaan 17 Agustus L945. Pertempuran ini memakan korban jiwa sangat besar. Peristiwa tersebut memberi kita pelajaran moral bahwa warisan terbaik para pahlawan bangsa bukanlah politik ketakutan, melainkan politik harapan.

Demikian amanat Menteri Sosial (Mensos), Khofifah Indar Parawansa, yang dibacakan Penjabat Walikota Pematangsiantar, Anthony Siahaan selaku Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Pahlawan di Lapangan Adam Malik, Kamis (10/11/2016) pagi. Bertindak sebagai Komandan Upacara, Danramil 01/SU Kodim 0207/Simalungun Siantar Martoba Kapten Inf Dedi Simanjuntak.

Pada bagian lain, Mensos menegaskan, seberat apapun tantangan yang dihadapi dan keterbatasan yang ada, tidak akan menyurutkan semangat perjuangan di masa lalu. Pengalaman merebut dan mempertahankan kemerdekaan juga menunjukkan betapa spirit perjuangan dan mental-karakter kepahlawanan memiliki daya hidup yang luar biasa dalam menghadapi berbagai rintangan dan penderitaan.

“Peringatan Hari Pahlawan harus mampu menggali apinya, bukan abunya. Dengan meminjam ungkapan Bung Karno, semangat kepahlawanan itu adalah semangat rela berjuang, berjuang mati-matian dengan penuh idealisme dengan mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi,” ujar Pj Walikota.

Usai upacara Pengibaran Bendera dan pembacaan Pesan-Pesan Pahlawan oleh siswa Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kota Pematangsiantar, dilanjutkan dengan Upacara Tabur Bunga di Makam Pahlawan Nagur di Jalan Sang Naualuh, Siantar Timur. Bertindak sebagai Inspektur Upacara pada kegiatan tabur bunga ini, Kapolres Pematangsiantar, AKBP Dodi Darjanto.

Hadir dalam kegiatan ini, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Plus, diantaranya Ketua DPRD Eliakim Simanjuntak, Danrem 022/PT Kol Inf Gabriel Lema, Kasrem 022/PT Letkol Baginta Bangun SIP, Kajari M.Masril M.Hum, Ketua Pengadilan Negeri Pesta P Sitorus, Dandenpom I/1 Mayor Sutrisno, Kasdim 0207/Sml Mayor Adi Sutrisno, Kakan Kemenag Abdurrahman Harahap, serta sejumlah perwira TNI/Polri lainnya. Dari jajaran Pemko Pematangsiantar hadir Sekda Donver Panggabean bersama segenap jajaran Pimpinan SKPD, Camat dan Lurah se Kota Pematangsiantar. (ajvg/rel)

  • Bagikan