Ketua KPU Siantar: Minggu Tenang, Paslon Dilarang Mengumpulkan Massa

  • Bagikan
Ketua KPU Kota Pematansgiantar, Mangasi Tua Purba. (humas str)

Pematangsiantar, BatakToday –

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPUD) Kota Pematangsiantar, Mangasi Tua Purba mengatakan bahwa semua tahapan Pilkada Siantar yang tertunda telah berakhir hari ini 12 November 2016, dan selanjutnya akan digelar pemungutan suara pada 16 November 2016 mendatang. Oleh karenanya, pihaknya menetapkan tiga hari sebelum pemungutan suara sebagai minggu tenang bagi keempat pasangan calon (paslon).

“Tanggal 13, 14, dan 15 adalah minggu tenang. Disitu semua paslon tidak boleh lagi bersosialisi. Kalau ada paslon yang masih mengumpulkan massa, tugas Panwaslih menindak,” kata Mangasi kepada wartawan, usai tahapan Penajaman visi dan misi, di Sapadia Hotel, Sabtu (12/11/2016).

Selama minggu tenang, terang Mangasi, KPU Siantar akan fokus melakukan pengepakan logistik Pilkada, sebelum didistribusikan pada tanggal 15 November. Kemudian, sambungnya, pihaknya juga menertibkan semua alat peraga kampanye yang dipasang oleh paslon.

“Dibantu Satpol PP, hari ini kami sudah mulai menertibkan alat peraga kampanye yang dipasang oleh paslon,” ujarnya.

Senada, Ketua Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kota Pematangsiantar, Josep Sihombing menegaskan hal yang sama. Josep mengutarakan bahwa paslon dilarang bersosialasi selama minggu tenang.

“Panwaslih juga tetap aktif memantau aktivitas paslon selama minggu tenang,  karena minggu tenang ini sangat rawan politik uang. Bila ada temuan pelanggaran, akan kami tindaklanjuti sesuai UU,” tegasnya. (EM)

  • Bagikan