Kemendagri Percepat Lelang Blanko KTP El Beban Anggaran 2017

  • Bagikan
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo saat memberikan keterangan perihal pengadaan blanko KTP El kepada wartawan di kantor BPPT di Jakarta, Rabu (16/11/2016). (foto: puspen kemendagri)

Jakarta, BatakToday –

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan mempercepat proses lelang pengadaan blanko KTP Elektronik (KTP El) sebanyak 25,9 juta keping dengan menggunakan anggaran 2017. Dengan kebijakan tersebut, blanko KTP diharapkan telah tersedia pada awal Januari 2017 untuk disalurkan ke seluruh kabupaten/kota yang saat ini mengalami kehabisan blanko.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, lelang blanko KTP El sebelum ini gagal dilaksanakan. Dari 5 perusahaan yang mengikuti tender, semuanya tidak memenuhi syarat sehingga lelang tersebut batal berlangsung.

“Dari lima yang ikut tender gak ada yg memenuhi syarat. Ini akan kami buka lelang lagi,” kata Mendagri Tjahjo Kumolo, Rabu (16/11/2016) di kantor Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) di Jakarta.

Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Zudan Arif Fakrulloh menambahkan, semua perusahaan peserta tender tidak memenuhi persyaratan, sehingga pihaknya tidak berani memaksakan diri, karena akan menjadi masalah hukum bila ditetapkan pemenangnya.

Sebagai solusi, kata Zudan, sampai dengan tersedianya blanko KTP El, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di daerah-daerah dapat menerbitkan surat keterangan. Dia menjelaskan, pihaknya akan melakukan proses lelang pengadaan blangko KTP El Anggaran 2017 lebih cepat (Pra DIPA), agar bulan Januari 2017 blanko sudah tersedia kembali.

“Ini pengumuman saya ke para Kadis untuk pemberitahuan sambil kirim surat resmi. Ini kami lakukan untuk akuntabilitas dan memberikan kepastian hukum agar para Kadis bisa menempelkan di papan pengumuman di daerah masing-masing, agar masyarakat memaklumi kondisi yang terjadi,” ujar Zudan. (Marc/PK)

  • Bagikan