Kota Siantar: Kurangi Kemacetan, Lalu Lintas Dialihkan

  • Bagikan
Kendaraan para pemudik yang dialihkan dari Jalan Sisingamangaraja ke jalan Rikardo Siahaan, menuju jalan Parapat (Simpang Dua) (bataktoday/em)

Pematangsiantar, BatakToday

Dua hari menjelang tahun baru 2017, volume kendaraan yang melintasi kota Siantar mengalami peningkatan signifikan. Di beberapa ruas, seperti jalan Medan, Asahan, pusat kota (Sutomo-Merdeka), DI Panjaitan, Sisingamangaraja, dan jalan Parapat (Simpang Dua), tampak dipenuhi oleh kendaraan yang menuju kawasan Tapanuli, dan kabupaten Simalungun.

Kepala Satuan Polisi Lalu Lintas (Kasatlantas) Polresta Pematangsiantar, AKP Jupiter Simanjuntak  menyebut, prediksi volume kendaraan kota Siantar mengalami peningkatan sampai awal bulan Januari tahun 2017.

“Kita perkirakan, tanggal 30 sampai 31 Desember ialah puncak volume kendaraan di kota Siantar. Kemudian arus baliknya tanggal 7, dan  8 Januari tahun 2017,” kata Jupiter saat dihubungi via seluler, Jumat (30/12).

Melihat meningkatnya volume kendaraan di kota Pematangsiantar, Jupiter menegaskan bahwa tim operasi Lilin sudah melakukan rekayasa lalu lintas di beberapa ruas jalan. Jupiter juga menghimbau kepada semua pemudik agar tetap mematuhi peraturan lalu lintas.

“Bagi pemudik yang datang dari jalan Medan menuju kawasan Tapanuli, sebahagian kita alihkan melintasi jalan AMD Tanjung Pinggir. Lalu, di jalan Sisingamangaraja atau tepatnya di kawasan Rindam, para pemudik kita alihkan lagi ke jalan SKI atau Rikardo Siahaan, menuju jalan Parapat (Simpang Dua). Pengalihan arus lalu lintas ini sangat efektif mengurangi kemacetan,” tegasnya. (EM)

  • Bagikan