Malam Pertama Perayaan HUT Kota Pematangsiantar

  • Bagikan
Tortor Simalungun yang dibawakan kaum ibu berusia lanjut meriahkan Pesta Hiburan Rakyat Siantar (ist)

Pematangsiantar, BatakToday

Luar biasa! Meski sudah lanjut usia (Lansia) belasan Ompung-ompung Kelompok Lansia asal Kelurahan Merdeka, Siantar Timur tampil memukau penonton. Seakan tak mau kalah dengan yang muda-muda, kelompok binaan Camat Siantar Timur ini dengan gemulai  membawakan tarian Simalungun berjudul Dedeng dan Haroan Bolon.

Ompung-ompung  gesit yang telah 2 kali juara kecamatan ini, tampil pada malam pertama Pesta Rakyat menyemarakkan Hari Jadi Kota Pematangsiantar Ke 146. Acara diisi dengan penampilan ragam tarian bernuansa budaya, Jumat malam (21/4) di Lapangan Adam Malik.

Usai kelompok Lansia, puluhan siswa SD 122350 Jalan Sutomo juga tak mau kalah. Tarian ragam puak Batak yang dipadu dalam satu kali penampilan ini juga mendapat antusias penonton. Anak-anak binaan Kepsek, Hotlen Manik ini sudah pula pernah ditampilkan pada Pekan Raya Sumatera Utara di Medan bulan lalu.

Penampilan peserta lainnya merupakan perwakilan seluruh kecamatan yang juga tampil memukau dengan beragam atraksi, yang dipandu pembawa acara, Anca Damanik dan Nandang Suhaeni. Menurut Kadis Pariwisata, Dra. Fatimah Siregar, kegiatan ini merupakan wadah untuk menampilkan kreasi warga Kota Pematangsiantar.

“Kita sengaja memberikan kesempatan kepada komunitas-komunitas masyarakat yang punya bakat dan kreativitas untuk menampilkan kebolehannya. Tak hanya kaum muda, anak-anak dan Lansia diberikan kesempatan untuk turut memeriahkan acara. Penampilan mereka yang tak mau kalah dengan yang muda-muda perlu juga diberi wadah,” katanya. (rel/ajvg)

  • Bagikan