oleh

2’De Point: Kenali Sahabat Kecil Setelah Besar Jadi Lawan, Api!

Pematangsiantar, BatakToday

Hidup dan kehidupan, sejak lama tidak terlepas dari yang namanya api. Dalam aktivitas sehari-hari, keluarga maupun usaha, di lingkungan perumahan, industri, bisnis, rumah sakit, hotel, bahkan lingkungan pendidikan, dan sebagainya, manusia dekat dengan api, yang menjadi sumber enerji dengan berbagai bentuk sumbernya.

Di sisi lain, api yang telah menjadi ‘kebutuhan’ menyimpan potensi resiko, yang bisa membahayakan, merusak, memusnahkan, bahkan mematikan, saat api menimbulkan terjadinya kebakaran.

2’De Point Cafe Resto, bekerjasama dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bidang Pemadam Kebakaran Kota Pematangsiantar dan Kelurahan Suka Makmur, mengadakan kegiatan Sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran, mengambil tempat di lokasi cafe resto tersebut, Jl. Farel Pasaribu No. 16, Kelurahan Suka Makmur, Pematangsiantar, Senin pagi (9/3/2020) pukul 09.00-11.00 Wib.

Acara Sosialisasi ini berupa pemaparan tentang pencegahan dan penanggulangan kebakaran berikut sesi diskusi tanya jawab, serta simulasi pemadaman kebakaran.

Pihak manajemen 2’De Point Cafe Resto, Natalis Pardamean Tamba, menyampaikan, latar belakang dan tujuan dari kegiatan ini adalah bahwa api sangat melekat dalam kehidupan, demikian juga halnya dalam kegiatan usaha, termasuk usaha cafe resto yang mereka kelola.
“Operasional kami setiap harinya sangat dekat dengan api. Api, kecil jadi kawan besar jadi lawan. 2’De Point Cafe Resto, menyadari, bahwa kami, demikian juga halnya warga sekitar di kelurahan ini, serta sekolah-sekolah, fasilitas kesehatan, dan pihak pemerintah kelurahan, perlu memiliki pengetahuan dalam mengendalikan api,” sebut Natalis menyambut terselenggaranya sosialisasi ini.

Salah satu karyawan 2’De Point Cafe Resto mempraktekkan cara pemadaman api dengan alat sederhana berupa goni basah (Foto: BatakToday/ajvg)

Hadir pada kegiatan ini, Satgas Kebakaran dan Seksi Penyuluhan dan Bantuan Teknik Bidang Kebakaran Satpol PP Kota Pematangsiantar sebagai narasumber dan simulator, Babinsa, Babinkamtibmas, yang mewakili Kelurahan Suka Makmur, para siswa dan guru dari sekolah-sekolah yang berdomisili di Kelurahan Suka Makmur.

Kepala Seksi Penyuluhan dan Bantuan Teknik, Bidang Kebakaran Satpol PP Kota Pematangsiantar, Sabar Manurung, dalam penjelasannya, juga mengharapkan seluruh peserta sosialisasi dapat menjadi Sukarelawan Kebakaran (Satlakar).

“Kiranya melalui sosialisasi ini, kami mengharapkan, semua peserta menjadi Sukarelawan Kebakaran atau Satlakar, kota kita ini. Untuk mencegah kebakaran membesar, untuk kebakaran kecil, segera lakukan upaya pemadaman sesuai kemampuan. Dan untuk itu diperlukan sosialisasi dan simulasi seperti ini. Yang pertama harus diselamatkan adalah nyawa, jiwa. Yang lain belakangan!” serta menyebut nomor telepon Call Center Pemadam Kebakaran Pematangsiantar 0622-431809, dan 0622-271113.

Latihan pemadaman kebakaran dengan alat pemadam api ringan (APAR) (Foto: BatakToday/ajvg)

Dalam simulasi yang dilakukan di halaman 2’De Point, karyawan dan manajemen cafe siswa sekolah, warga setempat, peserta dari rumahsakit/puskesmas, serta peserta dari Kantor Kelurahan Suka Makmur, diberikan latihan (instruksional) cara pemadaman kebakaran dengan menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) atau racun api dan alat sederhana lainnya berupa goni basah. (ajvg)

News Feed