oleh

585 Peserta Bertanding di MTQN Ke-49 Kota Medan

Medan, BatakToday –

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumut (Gubsu), Tengku Erry Nuradi membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) ke-49 Tingkat Kota Medan tahun 2016 di Jalan Setia Budi, Kelurahan Simpang Selayang, Kecamatan Medan Tuntungan, Senin malam (7/3/2016). Even ini diharapkan menjadi momentum strategis mewarnai pelaksanaan pembangunan dan perilaku dalam kehidupan masyarakat di tengah-tengah kehidupan sehari-hari dengan nilai-nilai Qur’ani.

“Saya berharap agar pelaksanaan MTQ ke-49 Tingkat Kota Medan ini tidak hanya berlangsung meriah dan sukses secara seremonial, tetapi lebih dari itu harus mampu membumikan nilai-nilai dan kandungan isi Al Qur’an, sehingga akan tercermin dalam praktek kehidupan sehari-hari seluruh warga Kota Medan,” kata Erry.

Menurut Erry, dalam setiap pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi Sumut,kafilah  Kota Medan cukup diperhitungkan dan berpotensi mendominasi perolehan prestasi yang membanggakan. Hal ini tentu tidak terlepas dari kesungguhan Pemko Medan serta keterlibatan lembaga terkait dalam pengembangan pembinaan seni baca Al Qur’an.

Sementara Wali Kota Medan, Tengku Dzulmi Eldin mengatakan, MTQ merupakan kegiatan yang telah mentradisi dan melekat dalam kultur masyarakat dan bangsa. Kehadiran MTQ senantiasa memiliki daya tarik dan ruang tersendiri dalam kehidupan masyarakat. Selain menjadi media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif, MTQ juga secara nyata telah terbukti mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan daerah.

Lantunan ayat-ayat suci Al Qur’an yang menggema selama pelaksanaan MTQ berlangsung, diyakini Walikota Eldin menciptakan nuansa religius dan menghadirkan suasana yang memberikan kesejukan batin bagi masyarakat. Di samping itu, kegiatan ini dapat menjadi forum silaturahmi yang mengandung nilai-nilai positif dalam memperkuat rasa persaudaraan dan ikatan kebersamaan lintas etnis dan agama sebagai warga Kota Medan.

“Al Qur’an memberikan pencerahan bagi siapa yang membaca serta menawarkan keteduhan batin bagi mereka yang mengamalkannya. Dengan menghayati ayat-ayat Al Qur’an, kita dapat mengungkap berbagai rahasia alam di muka bumi ini. Karena itulah, siapaun yang membaca Al Qur’an dan menghayati pesan-pesan yang terkandung di dalamnya, akan meningkatkan keimanan dan ketakwaannya,” kata Eldin.

Ia berharap, akan ada peningkatan nuansa islami di tengah-tengah masyarakat, diantaranya dengan menyemarakkan lantunan ayat-ayat suci Al Qur’an, terutama di lingkungan keluarga, mushala, surau, masjid-masjid, guna mewujudkan Medan menjadi kota masa depan yng multikultural, berdaya saing, humanis, sejahtera dan religius dengan peradaban Islami.

Pemko Medan telah mencanangkan 3 program pokok yakni Maghrib Mengaji, Gerakan Shalat Subuh Berjemaah, dan pembangunan Medan Islamic Centre di daerah Medan Bagian Utara.

Eldin menyampaikan terima kasih dan sangat menghargai peran para ulama dan tokoh masyarakat, yang selama ini terus melakukan pembinaan kepada masyarkat dan generasi muda, terutama dalam upaya mengamalkan nilai-nilai ajaran Al Qur’an.

Sebelumnya, Sekda Kota Medan Syaiful Bahri Lubis selaku ketua panitia mengungkapkan, peserta MTQ berjumlah 585 orang yang merupakan utusan dari kecamatan se-Kota Medan, serta utusan dari Madrasah Aliyah negeri dan swasta, khusus cabang Fahmil Qur’an dan Syahril Qur’an.

Seluruh peserta ini akan mengikuti 7 cabang yang dipertandingkan, yakni Mujawad (MTQ) putra/i sebanyak 200 orang, Hifzil Qur’an (MHQ) putra/i sebanyak 111 orang, Fahmil  Qur’an (MFQ) diikuti 26 regu sebanyak 78 orang, Cyahril Qur’an (MSQ) diikuti 23 regu sebanyak 69 orang, Khattil Qur’an (MKQ) putra/i sebanyak 73 orang, Tafsirul Qur’an sebanyak 31 orang, dan Musabaqah Makalah Ilmiah Al Qur’an (M2IQ) putra/i sebanyak 23 orang.

Pelaksanaan MTQ yang berlangsung selama sepekan ini juga diisi dengan pameran yang diikuti seluruh kecamatan se Kota Medan, TP PKK/Dharma Wanita Kota Medan, dan SKPD.

Pembukaan MTQ ini turut dihadiri Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution, Ketua DPRD Henry Jhon Hutagalung, Wakil Ketua DPRD Iswanda Nanda RaMmli, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Medan, mantan Walikota Medan  Bachtiar Djafar, Ketua MUI Kota Medan M Hatta, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, serta  ribuan warga. (AFR)

Foto: Walikota Medan Tengku Dzulmi Eldin saat memberikan sambutan pada pembukaan MTQN Tingkat Kota Medan di Jalan Setia Budi, Kelurahan Simpang Selayang, Kecamatan Medan Tuntungan, Senin (7/3/2016) malam. (bataktoday/afr)

News Feed