oleh

Abang Becak Pasar Silaen Dukung Monangta Melanjutkan Toba Mas

Toba Samosir, BatakToday

Puluhan abang becak di Pasar Silaen sepakat mendukung pasangan calon (paslon) bupati-wakil bupati Tobasa nomor urut tiga, Monang Sitorus dan Chrissie Sagita Hutahayan (Monangta). Mereka juga berharap Monang Sitorus melanjutkan program Toba Mas jika paslon Monangta berhasil memenangi pilkada tanggal 9 Desember nanti.

Dukungan itu disampaikan di sela-sela blusukan Monang Sitorus di sekitar pasar tradisional Silaen, Kamis (29/10) pagi.

“Kami sepakat mendukung Monangta karena sudah merasakan program yang dijalankan semasa dia Bupati Tobasa, seperti pendidikan gratis, bantuan bibit padi dan bibit jagung gratis. Kami ingin Toba Mas dilanjutkan,” ujar Manuntun Marpaung (33) warga desa Lumban Dolok Kecamatan Silaen.

Manuntun Marpaung yang berprofesi sebagai tukang becak ini mengatakan, setelah dia ketahui Monang Sitorus resmi calon bupati, dirinya beserta keluarga maupun rekan-rekannya telah menentukan sikap akan memilih pasangan Monang Sitorus dan Chrissie Sagita Hutahaean pada Pilkada 9 Desember mendatang.

“Bukan saya saja yang merasakan program yang dijalankan Monang Sitorus ketika dulu dia bupati. Program pembangunan yang dijalankan menyentuh kehidupan masyarakat banyak”, kata Manuntun Marpaung sembari diamini puluhan teman-teman seprofesinya.

Manuntun dengan suara lantang mengatakan, “Jika dibandingkan dengan pemerintahan sekarang, program-program yang dijalankan jauh berbeda. Saat ini sebenarnya tidak ada yang gratis. Hanya cakap doang nya itu pendidikan gratis, buktinya tak ada yang gratis. Padahal semasa Bupati Monang Sitorus, pendidikan mulai dari SD, SMP dan SMA sudah gratis.”

Hal senada diutarakan ama Juni Sinaga (55), warga Silaen, “Program Toba Mas yang dijalankan oleh Monang Sitorus semasa dia Bupati Tobasa pada periode 2005 – 2010, supaya tetap dilanjutkan,” kata Sinaga.

“Kami sendiri sangat merasakan program yang dijalankan Monang Sitorus ketika dia bupati. Bidang kesehatan sangat diperhatikan. Berobat ketika itu sudah digratiskan. Bibit jagung, bibit padi maupun handtractor juga diberikan kepada masyarakat secara gratis.” sambungnya.

Menanggapi sambutan dan dukungan yang disampaikan para abang becak tersebut, Monang Sitorus tampak terharu dengan mata berkaca-kaca. Ia  menyampaikan ucapan terimakasih ketika menyalami seluruh abang becak yang mangkal di simpang tiga pasar Silaen.

Monang Sitorus yang berpasangan dengan Chrissie Sagita Hutahaean tersebut, berjanji akan melanjutkan program Toba Mas yang dibuat semasa dia Bupati Tobasa.

“Saat terpilih nantinya, kami akan tetap melanjutkan program Toba Mas. Bahkan program-program yang menyentuh kehidupan masyarakat Tobasa semua akan semakin ditingkatkan. Dengan demikian, pilihlah calon bupati yang menurut anda layak dan pantas,” ujar Monang Sitorus.

Dikatakannya, hingga saat ini masyarakat masih selalu mengingat program Toba Mas, “Karena saat itu kami selalu menonjolkan empat pilar pembangunan, yakni bidang pertanian, pendidikan, kesehatan dan pariwisata.”

Monang menjelaskan, ketika itu bidang pertanian paling ditonjolkan karena 90 Apersen penduduk Tobasa adalah petani. “Makanya, ketika itu anggaran yang kita berikan pada bidang pertanian tergolong besar. Traktor besar kita berikan 1 per kecamatan. Handtractor juga kita bagikan secara gratis kepada kelompok tani.” ujar Monang Sitorus.

“Untuk menunjang kesejahteraan para petani kala itu, bibit padi dan bibit jagung dibagikan secara gratis. Saking banyaknya  bantuan bibit jagung yang diberikan secara gratis, ketika itu saya sampai dijuluki bupati jagung,” kenang Monang dan diamini para abang becak.

Seusai menyambangi abang becak, Monang Sitorus bersama tim suksesnya meneruskan perjalanan ke pasar tradisional Silaen. Melihat kedatangan Monang Sitorus di tengah-tengah pasar tersebut, para pedagang mupun pembeli yang umumnya kaum ibu-ibu tersebut, secara spontan  menyalami Monang Sitorus.

“Ingat, pilih Monangta!“ seru Monang Sitorus kepada setiap orang yang disalaminya. (AP)

Calon Bupati Monang Sitorus mendapat dukungan para abang becak Pasar Silaen, Kecamatan Silaen, Kabupaten Tobasa, Kamis (29/10).
Calon Bupati Monang Sitorus mendapat dukungan para abang becak Pasar Silaen, Kecamatan Silaen, Kabupaten Tobasa, Kamis (29/10).
Monang Sitorus berbincang dengan abang becak saat blusukan ke Pasar Silaen.
Monang Sitorus berbincang dengan abang becak saat blusukan ke Pasar Silaen.

News Feed