oleh

Agri Market dan Pameran Flora&Fauna di Tebing Tinggi

 

Tebing Tinggi, BatakToday

Agri Market dan Pameran Flora & Fauna (AM & PFF) Tebing Tinggi Ke-3 yang akan berlangsung sejak 27 Mei hingga 2 Juni 2016, dibuka secara resmi oleh Walikota Tebing Tinggi H Umar Zunaidi Hasibuan, di Lapangan Merdeka, Jumat (27/5) siang, sekitar pukul 11.00 WIB.

Pameran ini diikuti oleh 25 peserta, yang diisi dengan berbagai jenis produk pertanian dan peternakan, dan akan dimeriahkan oleh berbagai jenis perlombaan.

Dalam sambutannya, Walikota H Umar Zunaidi Hasibuan menyampaikan harapannya agar ajang ini mendorong masyarakat Tebing Tinggi  semakin kreatif dan berinovasi dalam pengembangan program Urban Farming (Pertanian Perkotaan).

“Walaupun Tebing Tinggi merupakan daerah perkotaan, dengan adanya pameran ini, diharapkan masyarakat terdorong untuk semakin kreatif dan inovatif dalam pengembangan program Urban Farming. Dengan pengembangan pertanian organik dan pertanian hidroponik, terutama untuk tanaman hortikultura, masyarakat dapat memenuhi sebagian dari kebutuhan pangan kota ini.  Dan tentunya keterlibatan ini juga akan menambah penghasilan keluarga,” sebut Umar berharap.

AM&PFF diselenggarakan sebagai sarana promosi dan pemasaran produk pertanian, informasi dan edukasi, serta temu bisnis antara pelaku usaha. Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong perkembangan agribisnis dan merangsang pemanfaatan lahan-lahan non produktif di Kota Tebing Tinggi.

Pembukaan AG & PFF ditandai dengan pemukulan gong oleh unsur FKPD dan dengan pengguntingan pita di stand pameran oleh Ketua DPRD M.Yuridho Chap, yang dilanjutkan dengan peninjauan ke masing-masing stand.

2 unit hand tractor yang diserahkan kepada Gapoktan Bulian Jaya dan Gapoktan Sehati, Lapangan Merdeka, Tebing Tinggi, Jumat 27/5/2016 (iss/bataktoday)
2 unit hand tractor yang diserahkan kepada Gapoktan Bulian Jaya dan Gapoktan Sehati, Lapangan Merdeka, Tebing Tinggi, Jumat 27/5/2016 (iss/bataktoday)

Pada kesempatan ini, Pemko Tebing Tinggi menyampaikan bantuan masing-masing sebesar Rp.10 juta untuk kelompok wanita (KW) di Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), yang diterima oleh KW Bersinar Kelurahan Rantau Laban, KW Sehat Kelurahan Tanjung Marulak, KW Anggrek Kelurahan Bandar Utama, dan KW Mekar Sari Raya Kelurahan Lubuk Raya.

Juga diserahkan 2 unit hand tractor kepada kelompok tani Gapoktan Bulian Jaya dan Gapoktan Sehati, serta bantuan Urban Farming untuk 5 kecamatan yang ada di Tebing Tinggi.

Bantuan untuk pengembangan pertanian hidroponik untuk Kami Anak Tebing Tinggi, IKA DPRD, TP PKK Kota, dan Kantor Ketahanan Pangan.

Dan yang terakhir, penyerahan bantuan tanaman buah-buahan untuk Mahyudin Saragih, Evi Susanti dan Novita Rauda, serta bantuan alat dapur untuk pengelola kantin sekolah, berupa kompor gas, kuali dan blender.

Untuk menyambut Bulan Ramadhan, kegiatan pameran ini juga dimanfaatkan oleh Bulog dan Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) untuk menyelenggarakan pasar murah yang menyediakan beras dan gula. (iss)

Foto:

Ketua DPRD Muhammad Yuridho Chap menggunting pita di salah satu stand pameran, sebagai tanda dimulainya Agri Market dan Pameran Flora Fauna Tebing Tinggi, Lapangan Merdeka, Tebing Tinggi, Jumat 27/5/2016 (iss/bataktoday)

News Feed