oleh

Akar Bunga Dahlia Bisa Diolah Jadi Makanan Lezat

Bunga Dahlia terkenal dengan keindahan warnanya. Siapa sangka bunga ini bisa dinikmati bukan hanya karena warnanya yang cantik tapi juga akarnya yang nikmat.

Diketahui, dahulu kaum Aztec menjadikan akar bunga Dahlia sebagai makanan sehari-hari mereka. Akar tersebut diklaim kaya nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Kini di Inggris, akar Dahlia kembali dikembangkan dan siap dijual ke pasaran.

Lubera, pihak yang mengembangkan akar Dahlia jadi makanan, melakukan penelitian selama dua tahun. Hasilnya pada Maret 2015 mendatang, ada enam varietas akar Dahlia yang siap dinikmati konsumen, yaitu Hoamatland, Black Jack, Kennedy, Sunset, Buga Munchen dan Fantastic.

Tiap varietas memiliki rasa yang berbeda-beda. Bentuk akar Dahlia seperti umbi-umbian, dan biasa diolah dengan direbus atau digoreng. Banyak yang mengatakan kalau rasa akar Dahlia ini seperti asparagus atau kentang.

Mengonsumi akar Dahlia ternyata dilakukan sejak 1700an, ketika bunga penuh warna itu masuk ke Eropa. Dahlia saat itu lebih populer sebagai bunga hiasan dibandingkan rasanya.

“Dulu kaum Aztec menjadikannya sebagai makanan, mereka tahu rasa akar Dahlia sangat lezat dan menyehatkan,” ujar juru bicara dari Lubera.

Akar Dahlia bisa diolah dengan berbagai cara, seperti dikukus, direbus, dipanggang atau diolah menjadi sperti mashed potato. Kandungan karbohidrat pada akar Dahlia ini diketahui sangat tinggi.

Penulis: Mutia Nugraheni/MUT

Sumber:Daily Mail

News Feed