oleh

Akupresur, Layanan Kesehatan Tradisional Andalan Puskesmas Padang Bulan Medan

Medan, BatakToday –

Sejak dahulu, teknik pijat sudah banyak dikenal masyarakat sebagai alternatif menjaga kebugaran bahkan terapi pengobatan. Pola dan praktik pemijatan banyak dan cukup berkembang di masyarakat, salah satunya adalah akupresur. Untuk itu, pembinaan dan pengawasan terhadap pengobat tradisional akupresur sangat diperlukan guna meningkatkan mutu pelayanan. Terlebih, pelayanan  akupresur diharapkan dapat diintegrasikan dalam pelayanan kesehatan di Puskesmas.

Dalam rangkaian kunjungan kerjanya ke Provinsi Sumatera Utara, Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, dr Untung Suseno Sutarjo, didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan, drg Usma Polita Nasution, Rabu (2/11/2016) lalu menyempatkan diri mengunjungi Puskesmas Padang Bulan Medan yang memiliki salah satu layanan unggulannya, yakni akupresur.

Pelayanan kesehatan tradisional dan komplementer Akupresur dilaksanakan sekali seminggu, yakni pada hari Jumat pukul 08.30-11.00 WIB. Setelah pasien mendaftar di loket pendaftaran, diperiksa terlebih dahulu oleh dokter umum, dan selanjutnya diarahkan ke poli tersebut.

Layanan akupresur di Puskesmas Padang Bulan, diantaranya akupresur untuk anak (asma, batuk, pilek, perut kembung, gangguan nafsu makan, dan mengompol), akupresur untuk wanita (mengatasi nyeri haid/dismenore, ASI tidak lancar); akupresur untuk mengatasi nyeri kepala sebelah (migraine), akupresur untuk meringankan nyeri otot (myalgia), akupresur untuk atasi nyeri gigi, nyeri lutut, mual, susah buang air besar (konstipasi), susah tidur (insomnia), serta pemulihan stamina sehabis sakit.

“Layanan kolaborasi kesehatan yang terintegrasi di Puskesmas Padang Bulan ini menjadi bukti bahwa antara pengobatan medis konvensional dengan konsep pengobatan berbasis tradisi dapat saling melengkapi”, tutur dr Untung Suseno Sutarjo. (Swan/SN)

News Feed