oleh

Anthony Siahaan, Pj Walikota Siantar Ketiga dalam Setahun

Medan, BatakToday –

Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi melantik Anthony Siahaan (Kadis Perhubungan Provinsi Sumatera Utara) sebagai Penjabat Walikota Pematangsiantar, dan Zulkarnain (Asisten III Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara) sebagai Penjabat Walikota Tebing Tinggi, Senin (31/10) sore di Aula Martabe Kantor Gubernur Sumatera Utara, Medan.

Dalam amanatnya, Gubsu menegaskan 6 hal kepada kedua Pj Walikota, yakni  agar menjalankan roda pemerintahan, memfasilitasi Pilkada, menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), tidak mengganti pejabat struktural kecuali izin tertulis Menteri Dalam Negeri, tetap melaksanakan tugas sebagai pejabat di Pemprovsu, serta melaksanakan masa jabatan paling lama 1 tahun.

“Saya minta kedua Pj Walikota untuk menciptakan suasana kondusif, khususnya menjelang Pilkada serta melakukan koordinasi dengan Forkopimda maupun komunikasi kepada semua elemen masyarakat,” katanya.

Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi saat melantik Penjabat Walikota Pematangsiantar yang baru, Anthony Siahaan, Senin (31/10) sore di Aula Martabe Kantor Gubernur Sumatera Utara, Medan. (foto: dok humas str)
Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi saat melantik Penjabat Walikota Pematangsiantar yang baru, Anthony Siahaan, Senin (31/10) sore di Aula Martabe Kantor Gubernur Sumatera Utara, Medan. (foto: dok humas str)

Gubernur juga mengucapkan terimakasih kepada Pj Walikota Pematangsiantar sebelumnya, Jumsadi Damanik, yang telah menjalankan tugas selama 11 bulan.

“Terimakasih kepada saudara Jumsadi Damanik yang telah menjalankan tugas dengan baik selama menjabat Pj Walikota Pematangsiantar. Namun mengingat tugas yang diemban sebagai Asisten Bidang Administrasi Umum dan Aset yang begitu berat, maka yang bersangkutan sangat dibutuhkan keberadaannya di sini,” ucap Gubernur Erry.

Usai pelantikan, dilanjutkan dengan serah terima jabatan antara Pj Walikota lama Jumsadi Damanik dengan Pj Walikota yang baru, Anthony Siahaan, di Ruangan Beringin Lantai 8 Kantor Gubernur Sumut .

Dalam acara ini, Jumsadi Damanik meminta agar seluruh pejabat struktural serta ASN Pemko Pematangsiantar untuk mendukung kinerja Pj Walikota yang baru.

“Saya minta semua aparatur Pemko Pematangsiantar mendukung Pj Walikota yang baru sekaligus melanjutkan program kerja yang telah kita rencanakan, demi kemajuan kota yang kita cintai bersama,” katanya.

Sementara itu, Anthony Siahaan menegaskan, seluruh ASN untuk netral selama proses Pilkada, namun mengajak seluruh ASN menggunakan hak pilihnya.

“Saya tegaskan, bahwa seluruh ASN harus netral dan tidak berpihak kepada salah satu pasangan calon, tetapi silahkan gunakan hak pilih sesuai nurani. Tak perlu mengajak orang lain, karena ASN dilarang untuk itu sebab ada sanksi bagi yang melanggar,” ujar Anthony.

Setahun 3 Kali Ganti Pj Walikota

Pasca berakhirnya masa tugas Walikota periode 2010-2015 Hulman Sitorus, Kota Pematangsiantar mengalami 3 kali pergantian Penjabat (Pj) Walikota. Pj Walikota pertama Eddy Syofyan Purba dilantik pada 16/10/2015, namun selanjutnya diberhentikan karena tersandung kasus korupsi Dana Bansos Provinsi Sumatera Utara.

Selanjutnya, Pj Walikota kedua Jumsadi Damanik dilantik pada 8/12/2015. Namun Jumsadi kembali diganti hanya 16 hari jelang pelaksanaan Pilkada Tunda Pematangsiantar yang dijadwalkan pada Rabu (16/11/2016) mendatang. Desakan DPRD Kota Pematangsiantar dan ketidaknetralan Jumsadi ditengarai berbagai pihak menjadi pemicu penggantian mantan Kepala Diskominfo Provsu ini. (ajvg/rel)

News Feed