oleh

Aparat Polresta Siantar “Gerebek” Abi Zone Jalan Kartini

Pematangsiantar, BatakToday –

Satgas Penanggulangan Kejahatan Jalanan Polresta Pematangsiantar “gerebek” arena permainan ketangkasan Abi Zone Jalan Kartini Pematangsiantar, Sabtu (30/4/2016) sekitar pukul 18.45 WIB. Puluhan pengunjung yang sedang asyik memainkan mesin ketangkasan dengan hadiah rokok berbagai merk itu sontak kaget melihat kehadiran puluhan personel polisi yang dengan sigap telah berada di setiap sudut arena ketangkasan itu.

Namun kondisi itu tidak berlangsung lama, karena petugas Abi Zone terlihat  memberi isyarat kepada para pengunjung. Mimik pengunjung terlihat lega, dan tak lama kemudian melanjutkan permainan di depan aparat kepolisian.

Jurnalis BatakToday yang mencoba meliput adegan itu tiba-tiba didatangi salah satu personil polisi.

Truk Satgas Penanggulangan Kejahatan Jalanan Polresta Pematangsiantar saat meninggalkan lokasi arena permainan ketangkasan Abi Zone Jalan Kartini Pematangsiantar, Sabtu (30/4/2016). (bataktoday/ajvg)
Truk Satgas Penanggulangan Kejahatan Jalanan Polresta Pematangsiantar saat meninggalkan lokasi arena permainan ketangkasan Abi Zone Jalan Kartini Pematangsiantar, Sabtu (30/4/2016). (bataktoday/ajvg)

“Anda siapa?” hardiknya.

Saat jurnalis menjawab bahwa dia seorang wartawan yang sedang menjalankan tugas jurnalistik, sang polisi menunjukkan mimik tidak senang.

“Dari siapa anda mendapat ijin mengambil foto?” kembali sang polisi bertanya dengan nada mengintimidasi.

Tak ingin terlibat debat kusir, jurnalis BatakToday memilih meninggalkan lokasi.

Tak lama kemudian, rombongan polisi terlihat keluar dari arena Abi Zone. Salah satu personel terlihat membawa dua slop rokok, diduga adalah hadiah permainan ketangkasan di Abi Zone.

Tak lama rombongan polisi beranjak, aktivitas di Abi Zone kembali berlangsung normal. Beberapa pengunjung yang sempat kabur keluar, kembali memasuki arena dengan wajah sumringah.

Permainan Ketangkasan dengan Hadiah Rokok Bukan Judi?

Beberapa waktu lalu, anggota Komisi III DPR RI Junimart Girsang saat dikonfirmasi tentang permainan ketangkasan dengan hadiah rokok seperti yang terjadi di GG Zone yang sebelumnya digerebek Polresta Siantar, Junimart menjelaskan bahwa perbuatan mencari keuntungan yang bersifat spekulatif, untung-untungan, dan ilegal, adalah judi.

abizone2_edited“Kalau sudah ada sebuah hadiah, sepanjang itu ilegal, itu judi. Beda dengan SDSB yang dulu, itu kan judi yang dilegalkan. Jadi, kalau sudah mencari keuntungan, dan memiskinkan orang lain, dengan cara untung-untungan, itu tidak boleh. Karena sifatnya spekulatif, untung-untungan, itu judi. Tidak boleh, dilarang secara tegas dalam Undang-Undang Tentang Penertiban Perjudian,” ujar Junimart kepada BatakToday usai dengar pendapat dengan masyarakat Tojay Baru, Sabtu (16/4/2016) lalu.

Namun sepertinya Kapolresta Siantar dan aparatnya berbeda pendapat dengan Junimart Girsang tentang definisi judi. Meskipun Kapolresta AKBP Dodi Darjanto langsung memimpin penggerebekan arena ketangkasan GG Zone Jalan Tanah Jawa pada Kamis (23/3/2016) lalu, dan sempat menyita berbagai jenis mesin ketangkasan serta menggiring 16 orang yang diduga pemain dan karyawan GG Zone ke Mapolresta Siantar, namun tak lama kemudian GG Zone dipersilahkan untuk kembali beroperasi.(ajvg)

Foto: Suasana penggerebekan Satgas Penanggulangan Kejahatan Jalanan Polresta Pematangsiantar terhadap arena permainan ketangkasan Abi Zone Jalan Kartini Pematangsiantar, Sabtu (30/4/2016) sekitar pukul 18.45 WIB. (bataktoday/ajvg)

News Feed