oleh

BatakToday 2017: “KDT, Keberagaman, dan Bukan Robot”

Redaksi BatakToday beserta seluruh personil, di awal tahun ini, menyampaikan ucapan “Selamat Tahun Baru 2017!”

Dalam perjalanan sepanjang tahun 2016 lalu, kami dapat bertahan oleh dukungan semangat dari segenap pembaca dan dukungan berbagai pihak yang bersedia menjalin kerjasama. Untuk itu, kami dari BatakToday menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya.

Upaya yang kami lakukan, untuk sebaran objek pemberitaan, maupun untuk kontinuitas dan kualitas pemberitaan, harus kami akui, di tahun 2016 lalu belum cukup memadai sebagai sebuah media pemberitaan, apalagi dihubungkan dengan nama Batak yang dibawakan.

Dengan segala keterbatasan, baik keterbatasan sumber daya manusia, pun pembiayaan, di tahun 2016 BatakToday telah mencoba untuk menyajikan berita melalui peliputan langsung, rilis berita yang diterima dari berbagai pihak, maupun ‘olahan’ dari akun media sosial resmi berbagai institusi. Namun dari evaluasi yang dilakukan, kami menyadari BatakToday belum cukup sebagai sebuah media profesional.

Di sisi lain juga, BatakToday masih sangat jauh dari media sebagai sebuah usaha yang dapat tumbuh dan terjaga keberkelanjutannya.

Untuk menghadapi tantangan di tahun 2017, BatakToday membuka kerjasama seluas-luasnya kepada semua pihak. Baik secara perorangan, dengan institusi pemerintahan, institusi non-pemerintah, maupun dengan dunia usaha. Kami membuka kerjasama terutama dengan pihak-pihak yang peduli dengan perkembangan Sumatera Utara, dan secara khusus dengan pihak-pihak yang peduli dengan perkembangan wilayah Tanah Batak. Lebih khusus lagi, adalah kerjasama sehubungan dengan pengembangan Kawasan Danau Toba (KDT) sebagai salah satu destinasi wisata  bertaraf internasional.

Di depan, terbentang peluang kerjasama untuk pemberitaan sehubungan dengan kebudayaan, pariwisata, dan lingkungan, yang terkait dengan pengembangan KDT. Juga tidak terlepas dari isu-isu berhubungan dengan adat istiadat, masyarakat adat, hukum adat, dan hutan adat, dalam kaitannya dengan pengembangan kawasan.

Membuat KDT semakin menarik, dibentuk dan mulai bekerjanya Badan Pengelola Otorita Danau Toba (BPODT) sejak akhir 2016. Hal ini tentu akan meningkatkan aktivitas kawasan, sekaligus menambah luas objek pemberitaan tentang KDT.

Sepanjang 2016, kita bersama melihat tantangan untuk diterimanya keberagaman secara luas di Negeri ini. Sebagaimana masyarakat Batak yang sangat mencintai dan menghargai keberagaman, BatakToday melalui peliputan dan pemberitaannya juga akan tetap mendorong terjaganya keberagaman dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Hal-hal lain yang cukup menantang di tahun 2017 ini adalah persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di beberapa kabupaten/kota di Sumatera Utara yang akan berlangsung pada tahun 2017 dan 2018, serta Pilkada Sumatera Utara 2018.

Kemudian, BatakToday memiliki beberapa ‘hutang’ pemberitaan, yang berkaitan dengan beberapa kasus hukum, dan tata lingkungan perkotaan. Kami tetap berupaya menuntaskan tugas pemberitaan yang berkaitan dengan hal-hal tersebut, untuk selanjutnya dapat fokus pada isu-isu lain yang menjadi titik berat dari pemberitaan seperti disebutkan sebelumnya.

Akhir 2016 lalu kami menerima sebuah kabar baik dari Gerakan Batak Muda Dunia, yang menawarkan kerjasama dalam pemberitaan, bahkan kemungkinan untuk sebuah kerjasama dalam menjalankan BatakToday sebagai sebuah unit usaha yang berkelanjutan. Semoga kerjasama ini dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas pemberitaan, serta menjamin keberlanjutan operasional BatakToday pada masa yang akan datang.

Namun di depan semua itu, kami menyampaikan sebuah penegasan, bahwa BatakToday tidak akan bertransformasi menjadi sebuah media robot yang terprogram dan terdefinisi sesuai keinginan pihak tertentu. Dan tidak akan menjadi media dengan konten yang dapat dikendalikan oleh pihak tertentu yang nantinya menjalin kerjasama dengan BatakToday.

BatakToday tetap sebagai sebuah media pemberitaan yang independen, yang tidak terikat dengan rencana, warna, maupun konten pemberitaan, dengan pihak mana pun.

Kepada sidang pembaca yang terhormat, kami tetap mengharapkan masukan dan kritik demi perkembangan BatakToday ke depannya. Kami tetap menyadari, tanpa masukan dan kritik dari sidang pembaca, BatakToday tidak akan kemana-mana, dan tidak akan menjadi sesuatu yang cukup berarti bagi Bangsa ini, bagi masyarakat Sumatera Utara, dan khususnya bagi masyarakat Batak dalam arti luas.

Redaksi BatakToday akhirnya menyampaikan pada semua pihak, pada seluruh pembaca setia kami, “Salam Sukses dan Salam Bhinneka Tunggal Ika, untuk kita semua dalam menjalani tahun 2017…!”  (***)

News Feed