oleh

Beri Kuliah Umum di Unpad, Menkeu Tekankan Keselarasan Dimensi Kemakmuran dan Keadilan Ekonomi

Jakarta, BatakToday –

Dari kaca mata ekonomi, negara Indonesia dibangun dengan satu tujuan, yaitu menciptakan masyarakat yang adil dan makmur. Tujuan adil dan makmur tersebut dapat disederhanakan menjadi tiga hal, yaitu memerangi kemiskinan, mengurangi kesenjangan serta meningkatkan produktivitas dan daya saing perekonomian nasional.

Demikian diungkapkan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dalam kuliah umum dengan tema ‘Kenali Anggaran Negeri’ di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran, Bandung pada Selasa (29/11/2016).

“Negara Indonesia dibangun dengan satu tujuan, dari sisi perekonomian, (yaitu) menciptakan masyarakat yang adil dan makmur. Tidak hanya dari sisi kemakmuran, tapi juga dari sisi keadilan, dan itu adalah dua dimensi yang sangat penting yang tidak boleh kita lupakan,” ucap Menkeu Sri Mulyani.

Lebih lanjut mantan Managing Director World Bank ini menyoroti pentingnya meningkatkan produktivitas dan daya saing generasi muda agar siap berkompetisi di tataran global.

“Produktivitas dan daya saing sangat penting pada level generasi muda, karena di pundak mereka kita berharap. Apa yang dilakukan generasi tua dan pemerintah adalah seharusnya merupakan suatu upaya untuk menginvestasikan lebih banyak untuk generasi muda, agar mereka makin mampu punya kompetensi, pengetahuan, ilmu, keterampilan untuk menjadi manusia produktif, dan mampu berkompetisi di dunia ini,” terangnya.(marc/nv)

News Feed