oleh

Bertahun-tahun Jalan TB Simatupang Siantar Dibiarkan Rusak, Jalan Bagus Justru Di-Overlay

Pematangsiantar, BatakToday –

Kondisi Jalan TB Simatupang Kelurahan Dwikora, Kecamatan Siantar Utara yang kondisinya rusak parah setidaknya 3 tahun terakhir, tak kunjung diperbaiki oleh Dinas Pekerjaan Umum Binamarga dan Pengairan Kota Pematangsiantar. Akibatnya, pengendara mengalami kesulitan serta berisiko mengalami kecelakaan dan kerusakan kendaraan saat melintasi jalan tersebut. Selain itu pedagang di sekitar jalan tersebut juga mengalami kerugian karena pembeli enggan datang.

Daniel (30), seorang supir angkutan kota (angkot) yang setiap hari melintasi Jalan TB Simatupang sesuai rute trayeknya, mengaku harus waspada setiap menyetir di Jalan TB Simatupang karena nyaris 75 persen jalan sudah berlobang.

“Ya harus pelan-pelan lah lae, bila melewati lubang di ruas Jalan TB Simatupang ini. Karena kalau tidak hati-hati, angkot yang saya  bisa jadi rusak nanti ,” ucapnya dengan nada kecewa.

Senada, Dino (21), supir angkot lainnya mengeluh angkotnya menjadi kotor setiap melintasi ruas Jalan TB Simatupang, karena harus melalui genangan air, terutama pada musim hujan.

“Kendaraan apa pun itu, kalau melintasi genangan air di lubang ruas jalan TB Simatupang sudah pasti kotor. Dampaknya bagi kami, penumpang jadi sungkan naik karena melihat angkot kotor. Makanya hampir setiap hari saya mencuci angkot,” sebut Dino.

Pantauan BatakToday, Rabu (14/12/2016), tampak setiap kendaraan roda dua yang berasal dari Jalan Patuan Anggi menuju Jalan Sisingamangaraja kerap mencari jalan alternatif melalui Jalan Gotong Royong.

Anehnya, pengaspalan (overlay) justru sedang gencar dilakukan di banyak ruas jalan di seantero kota yang kondisinya justru masih baik dan hanya memerlukan pemeliharaan rutin, seperti di kawasan Simpang Ampat, Jalan Kartini, dan Jalan Radjamin Purba.

Saat BatakToday mencoba melakukan konfirmasi kepada Pelaksana Tugas (Plt) kepala Dinas PU Bina Marga dan Pengairan Jhonson Tambunan, yang bersangkutan tidak berada di kantornya, dan selulernya tidak aktif. (EM)

News Feed