oleh

Blusukan Randiman: Dinas Kebersihan yang Tidak Bersih

Medan, BatakToday-

Tidak mau duduk di belakang meja dan menerima laporan di atas kertas saja, Penjabat (Pj) Wali Kota Medan Randiman Tarigan ‘menggeruduk’ Dinas Kebersihan secara tiba-tiba, Jumat (9/10) pagi. Sayangnya, Kepala Dinas Kebersihan Endar Sutan Lubis maupun para kepala bidang dan kepala seksi tidak ditemukan di kantor meskipun sudah jam kerja.

Puluhan pegawai dengan wajah terkejut dan kebingungan menyambut Randiman, sebab mereka tidak menyangka jika Pj Wali Kota datang menyambangi kantor yang mengurusi masalah sampah ini. Menurut pengakuan salah seorang pegawai, Kepala Dinas belum datang sebab apel pagi baru digelar pukul 08.00 wib.

Saat Randiman mempertanyakan keberadaan kepala bidang dan kepala seksi yang belum datang meski waktu apel jelang tiba, pegawai itu berdalih kabid dan kasi langsung ke lapangan untuk memantau proses pengangkutan sampah. Namun Randiman tidak percaya, sebab ia melihat beberapa truk pengangkut sampah masih terparkir di halaman Kantor Dinas Kebersihan.

“Apa betul mereka langsung ke lapangan? Kamu jangan berbohong. Bagaimana persoalan sampah bisa diatasi, masa waktu apel mau tiba kabid dan kasi belum datang. Jika tidak disiplin, bagaimana mungkin masalah sampah bisa diatasi. Padahal kedisiplinan sangat terkait dengan kualitas kerja,” kata Randiman.

Karena para pejabat dinas itu tidak berada di tempat, Randiman meninggalkan Dinas Kebersihan. Namun sebelum beranjak pergi, ia berpesan kepada pegawai tersebut untuk menyampaikan kepada Kadis Kebersihan bahwa dirinya datang dengan niat untuk bersilaturahmi sekaligus sharing terkait masalah kebersihan.

Dengan berjalan kaki Pj Wali Kota kemudian menuju lokasi perkantoran Dinas Pertamanan, Dinas Perhubungan dan Dinas Bina Marga yang lokasinya persis di sebelah Kantor Dinas Kebersihan. Namun saat melintas, Randiman kembali kecewa menyaksikan parit di belakang Terminal Pinang Baris atau tepat di depan Kantor Dinas Kebersihan dan Dinas Pertamanan dipenuhi tumpukan sampah potongan pohon dan ban bekas.

“Bagaimana kita bisa memberi contoh yang baik kepada masyarakat jika parit di depan kantor pun dipenuhi sampah dan dibiarkan saja. Seharusnya untuk mengajak masyarakat hidup bersih dimulai dari lingkungan kita sendiri. Artinya, kita tunjukkan dulu kepada masyarakat bahwa lingkungan perkantoran kita bersih dan kita harus punya kemauan untuk itu. Kalau kita mau, tidak sulit untuk mengatasi masalah kebersihan ini,” ujar Randiman ketus sambil beranjak melanjutkan blusukannya.

Dengan wajah masih dihiasi rona kekecewaan, Randiman selanjutnya bergabung dengan para pegawai Dinas Perhubungan, Dinas Bina Marga dan Dinas Pertamanan yang tengah apel pagi. Kadis Perhubungan Renward Parapat dan Kadis Bina Marga Khairul Syahnan ikut dalam apel, sedangkan Kadis Pertamanan Zulkifli Sitepu belum datang.

Dalam arahannya, Randiman mengajak seluruh pegawai di ketiga dinas untuk meningkatkan disiplin. Tanpa disiplin, kinerja yang dihasilkan dipastikan tidak maksimal. Untuk itu Randiman mengajak untuk belajar disiplin dari diri sendiri. Selain disiplin, ayah empat anak ini berpesan untuk selalu hidup bersih dan peduli dengan lingkungan di sekitar lingkungan kerja maupun tempat tinggal.

“Kalau ada sampah berserakan tolong dibersihkan. Jika ada tanaman, siram dan rawat. Sebab, filosofi tanaman ini sama seperti manusia, butuh perawatan dan kasih sayang agar dapat tumbuh dengan subur. Saya yakin jika kita semua perduli dengan kebersihan dan lingkungan sekitar, maka Kota Medan yang kita cintai ini akan bersih dan hijau,” katanya.

Usai menyampaikan arahan, Pj Wali Kota kemudian meninjau Dinas Binas Marga, mulai lokasi perkantoran sampai lokasi gudang penyimpanan alat-alat berat dan material. Randiman menyarankan di kawasan itu dilakukan penghijauan agar lebih teduh dan hijau lagi. (AFR)

Keterangan Gambar:

Pj Wali Kota Medan Randiman Tarigan berdialog dengan para PNS Dinas Binamarga Kota Medan di sela-sela sidak yang dilakukannya, Jumat (9/10) pagi.

News Feed