oleh

BNN Binjai Libatkan Relawan untuk Berantas Narkoba

Binjai, BatakToday –

Badan Narkotika Nasiona (BNN) Kota Binjai melibatkan relawan dalam pemberantasan narkoba, dengan membidani terbentuknya Forum Masyarakat Anti Narkoba (F-MAN). Bergabungnya tokoh agama dan tokoh masyarakat dalam forum diharapkan secepatnya membangun kepercayaan dan sinergitas masyarakat dalam pemberantasan penggunaan serta peredaran narkoba di Kota Binjai.

Walikota Binjai HM Idaham mengapresiasi komitmen berbagai pihak untuk memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkoba, termasuk gagasan BNN dalam memfasilitasi pembentukan F-MAN.  Sejak dua tahun terakhir, terang Idaham, Pemko Binjai bersama Forkopimda juga telah melancarkan upaya pemberantasan narkoba melalui program Jihad melawan Narkoba.

“Memberantas habis mungkin sulit, tapi setidaknya kita bisa menguranginya,“ kata Walikota Idaham pada acara pembekalan relawan F-MAN, Rabu (19/10/2016), di Pendopo Umar Baki di Jalan Veteran Binjai .

Idaham menyarankan agar pada tahap awal F-MAN membangun database para pengguna dan pengedar narkoba, sebelum menentukan jenis tindakan yang akan dilakukan, berupa pembinaan atau tindakan hukum.

Kapolres Binjai AKBP Mohamad Rendra Salipu menyambut baik terbentuknya forum tersebut, dan mempersilakan F-MAN berkoordinasi dengan aparat kepolisian. Dia meminta, jika F-MAN mengidentifikasi keterlibatan mengetahui oknum polisi dalam penggunaan maupun peredaran narkoba, supaya langsung melaporkan kepada Kapolres.

“Kalau ada anggota terlibat akan dipecat, ini komitmen kami,“ tegas Kapolres.

Sementara Kepala BNN Kota Binjai AKBP Safwan Khayat mengatakan, F-MAN terbentuk karena kepedulian berbagai elemen masyarakat dalam pemberantasan narkoba, seperti tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat , dan pengajar. Dengan bergabungnya seluruh elemen, diharapkan pemberantasan narkoba menjadi lebih mudah dibandingkan jika harus dilaksanakan sendiri-sendiri. (NK/rel)

News Feed