oleh

Bonus Peraih Medali Olimpiade & Paralympic Cair 2 November

Jakarta, BatakToday –

Kabar baik datang untuk atlet Indonesia peraih medali pada ajang Olimpiade dan Paralympic di Brasil 2016. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi memastikan, bonus kepada olimpian dan paralimpian tersebut akan dicairkan tanggal 2 November 2016 mendatang. Hal ini diutarakan Menpora dalam jumpa pers jelang peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-88 Tahun 2016, Rabu (26/10/2016) siang di Media Center Kemenpora, Jakarta.

“Tanggal 2 November nanti akan kami serahkan bonus kepada Owie, Butet, Eko, Sri dan Ni Nengah sekaligus juga penyerahan bonus kepada pelatih, asisten pelatih dan pihak-pihak yang telah mendukung mereka mengharumkan nama Indonesia,” ujar Imam.

Hal ini ditegaskan Menpora untuk menepis rumor bahwa pihaknya seakan-akan hanya mengumbar janji palsu. Menpora juga menampik isu bahwa pihaknya akan melakukan pemotongan bonus.

“Kami menjamin bahwa tidak ada potongan, Owi/Butet masing-masing mendapat 5 milliar, Eko 2 milliar, sedangkan untuk Sri dan Ni Nengah masing-masing 1 milliar. Pajaknya ditanggung oleh negara, dan ini akan kami laporkan kepada Bapak Presiden, mudah-mudahan bonus tersebut bisa diberikan di Istana, ” lanjut Imam.

Tentang target 20 emas pada ajang Asian Games 2018, Menpora Imam Nahrawi menyampaikan bahwa target tersebut ditetapkan berdasarkan kualitas dan kuantitas yang dimiliki oleh atlet Indonesia.

“Memang tugas berat bagi Kemenpora adalah menyiapkan prestasi, sementara untuk penyelenggaraan menjadi tanggungjawab INASGOC (Indonesia Asian Games Organizing Committee-red) dan infrastruktur ada di Kementerian PU. Adalah tidak berlebihan memang untuk mentargetkan 20 medali emas tersebut, karena kita memotret potensi dan peluang atlet pada tiap cabang olahraga, dan itu harus di-maintain dari sekarang,” ujarnya.

Imam melanjutkan bahwa maintenance ini harus dilakukan secara sungguh-sungguh, kolektif, terencana, terukur melalui olympic center.

“Ada yang mengatakan bahwa target 20 emas itu berlebihan. Tapi saya yakin dengan optimisme kita, dengan kesungguhan kita, untuk melihat dan memantau perkembangan fisik dan psikis atlet, kita optimis bahwa target itu bisa tercapai, ” ujarnya.

Untuk mendukung target 20 emas itu, Kemenpora akan menkosentrasikan pelatnas di Cibubur (Olympic Center).

“Selama ini kan pelatnas bersebaran dibeberapa tempat. Kita akan lebih fokus lagi sehingga pendekatan melalui sport science, sport medis, tempat-tempat pelatihan yang berstandar internasional akan kita miliki. Untuk sementara kita bisa menampung 9 cabor (cabang olahraga-red), ke depan akan kita kembangkan lagi,” ujarnya. (Marc/dre)

News Feed