oleh

BPK “Sadar”, Pangkostrad “Menyerah”, Gubernur Sumut “Ngotot”

Pematangsiantar, BatakToday

Beberapa waktu terakhir, poster-poster ‘sosialisasi diri’, iklan dan papan informasi, ramai bertebaran di pepohonan yang tumbuh sepanjang tepi Jalan Sisingamangaraja, dan beberapa ruas jalan yang lain di Kota Pematangsiantar. Mulai dari gambar Gubernur Sumatera Utara Dr Ir T Erry Nuradi MSi, kemudian menyusul Pangkostrad Letjend Edy Rahmayadi, perusahaan jasa keuangan non-bank, lembaga pendidikan, pencuci helm, kafe, rumah makan, tukang talang dan lain sebagainya.

Amatan BatakToday pada Jumat pagi (29/9/2017), setelah sepanjang 2 minggu sebelumnya ‘turut’ melakukan pencabutan paku di sebagian pepohonan itu, sebagian poster telah dicabut. Pada sebagian pohon yang sebelumnya rutin dipantau, poster bergambar Pangkostrad Letjend Edy Rahmayadi, tidak terlihat lagi, telah dicabut.

Namun di satu kawasan yang diamati, yaitu sekitar rumah makan BPK (Babi Panggang Karo) yang terletak di Jalan Sisingamangaraja, kawasan Komplek Kehutanan, Kelurahan Bane, Kecamatan Siantar Utara, poster bergambar Gubernur Sumatera Utara Dr Ir T Erry Nuradi Msi, masih “ngotot” bertengger di salah satu pohon.

Poster bergambar Gubernur Sumatera Utara Dr Ir T Erry Nuradi Msi, Pangkostrad Letjend Edy Rahmayadi, dan informasi tentang rumah makan BPK, dipakukan ke pepohonan di tepi Jalan Sisingamangaraja, Komplek Kehutanan, Pematangsiantar, Senin 25/9/2019 (Foto: Arif JV Girsang)
Poster bergambar Gubernur Sumatera Utara Dr Ir T Erry Nuradi Msi, Pangkostrad Letjend Edy Rahmayadi, dan informasi tentang rumah makan BPK, dipakukan ke pepohonan di tepi Jalan Sisingamangaraja, Komplek Kehutanan, Pematangsiantar, Senin 25/9/2019 (Foto: Arif JV Girsang)

Sebelumnya, BatakToday mengabadikan dalam gambar, Senin pagi (25/9/2017), di tempat ini masih terdapat poster bergambar Gubernur Sumut Dr Ir T Erry Nuradi MSi, Pangkostrad Letjend Edy Rahmayadi, dan informasi tentang rumah makan BPK yang berada di kawasan itu.

Ketika BatakToday berbincang dan memberikan sedikit penjelasan tentang keburukan dari memaku pohon, sekaligus meminta Putra Tarigan, pengelola rumah makan BPK di kawasan tersebut, dia tidak berkeberatan mencabut paku-paku yang digunakan untuk memampangkan ‘informasi’ sehubungan rumah makan itu.

“Nanti kami cabut sendiripun bang, tak tau kami selama ini kalau itu tak baik untuk pohon,” ujar Putra berjanji untuk mencabut sendiri.

Amatan BatakToday, pada Kamis malam (28/9/2017), poster bergambar Pangkostrad Letjend Edy Rahmayadi yang dipakukan ke beberapa pohon yang sebelumnya diamati, telah dicabut. Dan di beberapa tempat lainnya, poster dipasang di bahu jalan dengan menancapkan ke tanah, bertiang kayu dengan tinggi berkisar 120 cm. Tempat yang diamati, diantaranya Jalan Sudirman dan Jalan Gereja. (ajvg)

News Feed