oleh

Bupati Dosmar: ASN yang Kedapatan Konsumsi Narkoba Pasti Dicopot

Humbahas, BatakToday –

Penggunaan narkoba telah merambah ke seluruh komponen masyarakat tanpa memandang status sosial. Dampak penggunaan narkoba sudah sangat memprihatinkan, karena bukan hanya mempengaruhi kelangsungan generasi bangsa, tetapi juga mempengaruhi roda manajemen pemerintahan ketika secara personal para Aparatur Sipil Negara (ASN) terjerumus pada penggunaan barang haram itu.

Hal itu diutarakan Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Dosmar Banjarnahor dalam sambutannya pada pelaksanaan tes urine ASN Pemkab Humbahas di RSUD Doloksanggul, Selasa (19/4/2016).

“Saya tidak akan mentolerir pejabat ASN yang kedapatan menggunakan narkoba. Apabila dari hasil tes urine yang dilakukan ditemukan ada oknum ASN terindikasi pengguna narkoba, tentunya akan dicopot, karena menurut saya penggunaan narkoba itu adalah perbuatan terhina,“ tegasnya.

Di tempat yang sama, Sekdakab Humbahas Saul Situmorang kepada BatakToday menjelaskan, pelaksanaan tes urine bagi ASN merupakan implementasi penegakan kedisiplinan yang diatur dalam PP 53/2010 tentang Disiplin PNS.

“Bersih narkoba ditubuh birokrasi Indonesia memang sudah menjadi titah dari Presiden Joko Widodo. Untuk itu Pemkab Humbahas menggelar tes urine bagi para pejabat maupun staf yang ada,” katanya.

Saul menambahkan, kegiatan ini dilakukan atas kerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Sumut, dan akan dilakukan secara berkelanjutan terhadap seluruh ASN yang ada di Kabupaten Humbahas. Pada tahap pertama ini, tes urine diikuti oleh 137 pejabat ASN eselon II dan III, 16 kepala sekolah SMP dan SLTA se Kecamatan Doloksanggul, dan 40 personil Polres Humbahas.

“Terkait hasilnya, akan diumumkan setelah laporan dari tim medis kita dapatkan,” tandasnya.

Tes urine perdana dilakukan terhadap Bupati Dosmar Banjarnaho, Wakil Bupati Saut Parlindungan Simamora, Sekdakab Humbahas Saul Situmorang, dan Ketua DPRD Humbahas, Manaek Hutasoit. (FT)

Foto: Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor saat menandatangani absensi usai melakukan test urine di RSUD Doloksanggul, Selasa (19/4/2016).(bataktoday/ft)

News Feed