oleh

Bupati Dosmar: Pertanian Sektor Prioritas RKPD Humbahas 2017

Doloksanggul, BatakToday –

Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor menegaskan, pertanian menjadi sektor prioritas pada Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2017. Prioritas tersebut merupakan konsekuensi logis dari kenyataan bahwa mayoritas penduduk Humbahas hidup dari sektor pertanian, serta potensi pengembangan sektor pertanian dinilai masih besar.

“Butuh langkah konkret untuk meningkatkan kesejahteraan para petani serta pemanfaatan lahan tidur yang terbilang sangat luas, agar komuditas pertanian yang dihasilkan Humbahas mampu menembus pasar,” ujar Bupati Dosmar dalam sambutannya pada pembukaan musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) RKPD Humbahas tahun 2017 di Aula Hutamas Kompleks Perkantoran Doloksanggul, Rabu (16/3/2016).

Bupati Dosmar mengingatkan, musrenbang RKPD harus diselaraskan dengan program prioritas provinsi maupun nasional.

“Seluruh SKPD agar berperan aktif dengan memadukan (hasil) musrenbang desa, kecamatan dan forum SKPD, yang (selanjutnya) diselaraskan dengan program Provsu dan Nasional. Kecamatan diharap serius menyikapi kebutuhan masyarakat melalui SKPD,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua DPRD Humbahas, Manaek Hutasoit dalam sambutannya mengatakan, Pemkab Humbahas sebagai eksekutor pembangunan dituntut untuk menyusun rencana pembangunan dengan skala prioritas yang objektif.

“Musrenbang merupakan kegiatan strategis guna meningkatkan kualitas ekonomi untuk mensejahterakan rakyat. Pemprovsu juga diharapkan dapat mengaktualisasikan programnya di Humbahas melalui anggaran Provsu TA 2017. Eksekutif sebagai perencana hendaknya juga mengupayakan skala prioritas. Lahirkanlah program yang sudah waktunya lahir, jangan memaksakannya prematur,” ujarnya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Humbahas, Lamhot Hutasoit dalam laporannya  mengatakan, musrenbang merupakan penajaman dan penyelarasan rencana dengan skala prioritas sasarannya.

“Musrenbang dimaksudkan untuk mempertajam indikator sebagai target untuk mendapatkan hasil yang baik pada rancangan akhir Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) TA 2017,” sebutnya.

Sementarag itu, Staf Ahli Gubernur Sumatera Utara bidang pemberdayaan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan, Asren Nasution, dalam arahannya mengingatkan, agar RKPD tahun 2017 disesuaikan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Provinsi Sumatera Utara dan RPJM Nasional.

Nasution mengungkapkan, dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan tahun 2017, Pemprovsu mengutamakan pembangunan penguatan kehidupan beragama, hukum, pengelolaan tata pemerintahan yang baik, peningkatan kesehatan, ilmu pengetahuan, teknologi, infrastruktur dan mitigasi bencana.

“Yang lain adalah peningkatan ekonomi kerakyatan dari berbagai sektor di daerah,” katanya.

Sementara Rencana Kerja Pembangunan (RKP) Nasional tahun 2017 diarahkan untuk memacu pembangunan infrastruktur dan ekonomi untuk mengurangi kesenjangan antar daerah.

“Kami minta penyusunan rencana pembangunan harus didasarkan pada rencana pembangunan jangka menengah dan berkoordinasi dengan Bappeda Provsu,” ujar Nasution. (FT)

Foto: Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor (kemeja putih) didampingi Ketua DPRD Manaek Hutasoit (safari hitam) saat memberikan keterangan kepada wartawan, usai pembukaan Musrenbang RKPD tahun 2017 di Aula Hutamas Kompleks Perkantoran Doloksanggul, Rabu (16/3/2016). (bataktoday/ft)

News Feed