oleh

Coming Soon…! Geobike Kaldera Toba III 2017

Medan, BatakToday

Pada tanggal 7-9 April 2017 mendatang, Jendela Toba bersama Rumah Karya Indonesia, Medan, akan mengadakan Geobike Kaldera Toba untuk kali ketiga. Kegiatan ini didukung oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sumatera Utara, serta Badan Pengelola Geopark Kaldera Toba.

Adapun aktivitas yang digelar, yakni bersepeda santai, berkeliling di seputaran Kawasan Danau Toba. Berangkat dari Silangit, Tapanuli Utara, dengan rute melintasi wilayah sasaran Geobike yang tersebar di lima kabupaten, yaitu Kabupaten Tapanuli Utara sendiri sebagai titik start, kemudian Humbang Hasundutan, Samosir, Simalungun serta satu lota yakni Pematang Siantar.  Total rute yang di perkirakan oleh panitia adalah 135 KM, yang akan ditempuh selama tiga hari dua malam.

Aktivitas olahraga berbasis edukasi dan pariwisata ini kembali menyuguhkan Geodiversity, Biodiversity dan Culturediversity Geopark Kaldera Toba. Unsur kebudayaan yang di tonjolkan pada acara Geobike ini adalah kebudayaan Batak Simalungun dan Batak Toba.

Pada hari pertama, pembukaan akan diisi oleh pertunjukan kebudayaan masyarakat Toba di Bakkara, Kabupaten Humbang Hasundutan. Kemudian, akan ada pertunjukan kesenian masyarakat Toba di Tuktuk, Kabupaten Samosir, yang dikemas dalam malam kebudayaan. Pada hari penutupan, akan diisi oleh pertunjukan kebudayaan masyarakat Simalungun, di Kota Siantar.

Rumah Karya Indonesia akan melibatkan anak-anak sanggar kesenian serta masyarakat setempat untuk mempromosikan keberagaman budaya daerah.

Selanjutnya, unsur Geodiversity juga akan menampilkan kawah bekas gunung supervolcano yang mengelilingi Danau Toba, dengan pembicara Ir. Gagarin Sembiring dari Jendela Toba. Kemudian untuk unsur Biodiversity juga akan mengeksplorasi tanaman khas daerah yang menjadi kearifan local, diantaranya tanaman Kopi khas Silangit dan Teh khas Sidamanik. (rel/ajvg)

#rumahkaryaindonesia #jendelatoba 

#geoparkkalderatoba #danautoba 

#WonderfulDanauToba #PesonaIndonesia 

#PesonaDanauToba #VisitSumut

News Feed