oleh

CSR Bank Sumut untuk Program Pemulihan Ekosistem Kawasan Danau Toba

Laguboti, BatakToday

Gerakan Masyarakat Pencinta Danau Toba (Gempita) bekerjasama dengan Pemprov Sumatera Utara, dan dengan dukungan Dana CSR (Corporate Social Responsibility) dari Bank Sumut, menyelenggarakan Program Pemulihan Ekosistem Kawasan Danau Toba melalui program penghijauan kompleks sekolah di 6 kecamatan yang ada di Toba Samosir, yakni Porsea, Siantar Narumonda, Sigumpar, Laguboti, Balige dan Tampahan.

Penyerahan bantuan untuk pelaksanaan program, diadakan di Aula Yayasan Tenaga Pembangunan Arjuna, Kecamatan Laguboti,  Kamis (26/01/2017) pukul 10.30 Wib.

Kepala Bagian CSR Bank Sumut, Hamid, menyampaikan harapan agar bantuan yang diberikan dapat dipergunakan dengan baik.

“Saya berharap bantuan ini benar-benar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Kita berharap tidak hanya di 6 kecamatan penghijauan ini diadakan, namun di sekeliling Danau Toba juga,” ujarnya.

Penyerahan secara simbolik Dana CSR dari Bank Sumut (foto: Julina Martha Hutapea)
Penyerahan secara simbolik Dana CSR dari Bank Sumut (jmh)

Diharapkan dana CSR didistribusikan secara merata, jangan sampai dua kali untuk satu sekolah dalam program yang sama. Dan mempersilahkan bagi siapa saja, untuk mengajukan permintaan bantuan dari dana CSR Bank Sumut, sejauh itu sesuai dengan program pengembangan yang melingkupi 3 hal, yakni lingkungan hidup, pendidikan dan ekonomi.

Hadir dalam acara ini, Kadis Kehutanan Sumut Allen Purba mewakili Gubernur Sumut, Ketua Yayasan Tenaga Pembangunan Arjuna, Kadis Lingkungan Hidup Tobasa,  Muspika setempat, tokoh masyarakat, tokoh agama, kepala sekolah dan siswa-siswi perwakilan dari 20 sekolah penerima bantuan.

Ketua Gempita yang juga adalah pengelola Taman Eden 100, Marandus Sirait menyampaikan terimakasih kepada Pemrrov Sumut dan Bank Sumut atas bantuan untuk penyelenggaraan program penanaman pohon di 20 kompleks sekolah, serta untuk bantuan alat penunjang kebersihan yang diberikan.

Penanaman pohon di pekarangan Aula Yayasan Tenaga Pembangunan Arjuna, Kecamatan Laguboti (foto: Julina Martha Hutapea)
Penanaman pohon di pekarangan Aula Yayasan Tenaga Pembangunan Arjuna, Kecamatan Laguboti (jmh)

Marandus berharap agar para pelajar kelak menjadi duta untuk penghijauan kembali alam Toba Samosir, dan menghimbau agar semakin banyak perusahaan yang peduli penghijauan kawasan Danau Toba.

Secara simbolik dana senilai Rp 150 juta diserahkan kepada Marandus mewakili Gempita, yang dilanjutkan dengan penyerahan bibit tanaman dan alat kebersihan kepada perwakilan 20 sekolah penerima bantuan.

Acara ini dimeriahkan siswa-siswi SD Negeri 173665 Lumban Rang, yang mempersembahkan vokal group dengan lagu Mars Gempita Danau Toba dan Tortor Lingkungan Hidup.

Di akhir acara, dilakukan penanaman pohon di pekarangan Yayasan Tenaga Pembangunan Arjuna, Desa Sitoluama, Kecamatan Laguboti. (jmh)

News Feed