oleh

Delapan Keluarga Berminat Mengadopsi Bayi yang Ditelantarkan Ibunya di RSVI Siantar

Pematang Siantar, BatakToday-

Bayi yang baru dilahirkan yang ditinggalkan ibu kandungnya di Rumah Sakit Vita Insani Pematang Siantar (25/10) lalu akhirnya diserahkan pihak kepolisian ke Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Pematang Siantar. Setidaknya delapan keluarga telah mengajukan permohonan lisan untuk mengadopsi bayi tersebut.

Demikian keterangan Kepala Bidang Kesejahteraan Rakyat Agustan Situmorang kepada BatakToday di ruang kerjanya, Jumat (6/11).

Menurut Agustan, karena menurut kepolisian status bayi dikategorikan ‘bayi dalam masalah hukum’, maka proses adopsi baru dapat dilaksanakan setelah Polresta Pematang Siantar menerbitkan surat keterangan resmi tentang status hukum sang bayi.

“Yang jelas, Dinas Sosial tetap bertanggungjawab untuk merawat dan melindungi si bayi,” kata Agustan.

Mantan Camat Nainggolan Kabupaten Samosir yang pernah mendapat predikat camat terbaik se-Provinsi Sumatera Utara ini menjelaskan, bayi saat ini dititipkan pada seorang bidan. Menurut pihak Rumah Sakit Vita Insani, bayi dalam keadaan sehat dan tidak memerlukan perawatan di rumah sakit. Agustan memastikan, bayi dirawat dan dilindungi dengan baik.

Menurut Agustan, pihak Dinas Sosial akan membuka kesempatan kepada masyarakat untuk mengajukan permohonan adopsi atas bayi tersebut, setelah proses adminstrasi status hukum bayi tersebut selesai dari pihak kepolisian. “Ada sekitar delapan keluarga yang meminta untuk mengadopsi. Tapi itu masih sebatas informasi, dan kita belum meminta mereka mengajukan permohonan, menunggu status hukum dari pihak kepolisian,” terang Agustan.

Seperti diberitakan sebelumnya, tidak lama setelah menjalani persalinan di Rumah Sakit Vita Insani (RSVI) pada 25 Oktober 2015, seorang ibu meninggalkan bayi yang baru saja dilahirkannya di kamar rumah sakit dan tidak kembali lagi. Hingga Selasa (3/11) pihak RSVI belum berhasil melakukan komunikasi dengan ibu sang bayi atau keluarganya, dan memutuskan untuk melaporkan kejadian itu ke Polresta Pematang Siantar. (EM)

Keterangan Foto:

Kepala Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Agustan Situmorang, saat memberikan keterangan kepada BatakToday di ruang kerjanya, Jumat (6/11).

 

News Feed