oleh

DPRD Medan Setujui Ranperda Pembentukan & Susunan Perangkat Daerah

Medan, BatakToday –

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan menyetujui rancangan peraturan daerah (ranperda) tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah menjadi Perda Kota Medan. Penandatanganan persetujuan bersama dilakukan antara Walikota Medan Tengku Dzulmi Eldin dengan pimpinan DPRD Kota Medan dalam sidang paripurna di gedung DPRD, Rabu (14/12/2016).

Walikota Medan Tengku Dzulmi Eldin dalam sambutannya usai penandatanganan persetujuan bersama mengatakan, pengusulan ranperda tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah sudah sesuai dengan ketentuan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 18 tahun 2016 tentang Perangkat Daerah.

“Berdasarkan hal tersebutlah, maka Pemko Medan mengajukan usulan Ranperda ini kepada DPRD Kota Medan untuk selanjutnya dibahas dan ditetapkan menjadi peraturan daerah,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Khusus Rancangan Peraturan Daerah (Pansus Ranperda) tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah DPRD Kota Medan, T Bahrumsyah menjelaskan bahwa perangkat daerah terdiri dari 25 dinas dan 5 badan.

Bahrum merinci, dinas-dinas yang masuk tipe A adalah Dinas Pendidikan, Dinas kesehatan, Satpol PP, Dinas Kebakaran, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Dinas Perhubungan, Dinas Kominfo dan Persandian, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Pemuda dan Olahraga, serta Dinas Pustaka dan Kearsipan.

Sedangkan untuk tipe B, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang, Dinas Pariwisata, Dinas Koperasi UKM, Dinas Pertanian dan Perikanan, Dinas Perindustrian dan Dinas Perdagangan.  Sedang untuk Dinas tipe C yakni Dinas Sosial dan Dinas Kebudayaan.

Sedang 5 badan terdiri dari Badan Perencana Pembangunan Daerah, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Badan Pengelolaan Keuangan Daerah dan Badan Pengelola Pajak Daerah. (swan)

News Feed