oleh

Eldin: Perlu Penguatan Tim Pengawasan Terhadap Orang Asing

Medan, BatakToday

Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin meninjau Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Medan Jalan Gatot Subroto Medan, Senin (18/4). Peninjauan ini dilakukan untuk melihat sejauh mana pelayanan pengurusan dokumen keimigrasian yang diberikan kepada masyarakat, dan mengenai pengawasan terhadap orang asing.

Peninjauan ini dilakukan, usai memimpin upacara Kesadaran Nasional di Lapangan Merdeka Medan. Kedatangan Wali Kota langsung disambut Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Medan, Drs Lilik Bambang L beserta sejumlah pejabat lainnya. Wali Kota langsung meninjau loket pengambilan paspor yang berada persis di sudut kiri Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Medan tersebut.

Sejumlah warga yang tengah antri terkejut melihat kehadiran Wali Kota. Apalagi orang nomor satu di Kota Medan kemudian menghampiri warga dan langsung menanyakan apa kendala yang dialami dalam pengurusan dokumen keimigrasian. Umumnya warga yang ditanyai mengatakan tak ada kendala mereka alami dan pelayanan yang diberikan cukup bagus.

Setelah itu dilanjutkan dengan peninjauan pusat informasi dan ruangan pelayanan paspor. Kembali Wali Kota menemui sejumlah warga yang tengah antri dengan tertib, mereka juga mengaku pelayanan baik dan tidak mengecewakan. Diteruskan dengan peninjauan ruangan layanan pengaduan dan ruang foto.

Sejumlah pimpinan SKPD turut mendampingi Wali Kota dalam peninjauan ini, diantaranya Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil, OK Zulfi, Kadis Sosial dan Tenaga Kerja, Armansyah Lubis, Kadis Pendapatan Kota Medan, H.M Husni, Kadis Perhubungan, Renward Parapat serta Kepala BKD Kota Medan, Lahum SH.

Di ruang layanan pengaduan dan ruang foto, warga yang ditemui Wali Kota juga mengungkapkan rasa puas. Meski demikian mereka tetap berharap layanan itu bisa ditingkatkan lagi, sehingga masyarakat yang mengurus dokumen keimigrasian benar-benar merasa puas dan terlayani dengan baik.

Peninjauan Wali Kota diakhiri dengan mendatangi Foreigner Service dan Sekretariat Tim Pengawas Orang Asing (PORA) Kota Medan yang berada di lantai dua. Setelah itu mantan Wakil Wali Kota dan Sekda Kota Medan itu melakukan pertemuan sekaligus silaturahmi dengan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Medan beserta pejabat lainnya.

Sekretariat PORA Kota Medan diresmikan pada 13 Januari 2016 lalu, yang akan diisi dengan unsur-unsur Pemko Medan, Badan Intelijen Nasional (BIN) Daerah Sumatera Utara, Polresta Medan, Kodim 0201/BS, Kejari Medan, Badan Narkotika Nasional (BNN), dan Kementerian Agama Kota Medan.

Ditemui wartawan usai melakukan pertemuan, Wali Kota mengakui hasil peninjauan yang dilakukan menunjukkan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Medan telah menerapkan prosedur pelayanan cukup baik, termasuk dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang tengah mengajukan pengurusan dokumen keimigrasian.

“Saya kira prosedur pelayanan yang diterapkan telah sesuai dengan protap. Hal ini menjukkan bahwa pihak Kantor Imigrasi benar-benar ingin memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” kata Eldin.

Meski demikian Wali Kota mengingatkan agar pelayanan yang sudah baik ini bisa dipertahankan dan ditingkatkan lagi, sehingga masyarakat yang membutuhkan pelayanan merasa terlayani dengan sebaik-baiknya. Hal itu dapat dilakukan dengan memberikan pelatihan-pelatihan kepada petugas pelayanan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Sedangkan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Medan, Drs Lilik Bambang L mengatakan, pihaknya akan terus melakukan peningkatan kompetensi dan profesionalisme petugas pelayanan agar pelayanan yang diberikan benar-benar memuaskan masyarakat.

“Kita akan terus berupaya meningkatkan pelayanan. Malah sore ini kita akan mengundang akademisi dari USU terkait dengan etika pelayanan. Tujuannya kita ingin mendapatkan masukan terkait bagaimana sebenarnya pelayanan yang harus diberikan tersebut,” jelas Lilik.

Selanjutnya menyikapi pengawasan terhadap orang asing, Wali Kota dan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Medan akan melakukan penguatan-penguatan dengan pembentukan Tim Pengawasan Orang Asing PORA). Dengan demikian keberadaan orang asing yang ada di Kota Medan terpantau dan termonitor. (AFR)

Foto:

Wali Kota Medan Dzulmi Eldin saat meninjau ruang Sekretariat Tim Pengawas Orang Asing,  di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Medan, Jalan Gatot Subroto, Medan, Senin 18/4/2016 (afr/bataktoday)

News Feed