oleh

Enam Calon Sekda Pakpak Bharat Lolos Seleksi Kompetensi

Salak, BatakToday –

Setelah melalui proses seleksi administrasi dan competency assessment di Pusat Pelayanan Psikologi pada Masyarakat (P3M) Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara (USU) Medan pada Kamis (27/10/2016), akhirnya tersaring 6 calon Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pakpak Bharat yang seluruhnya adalah pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pakpak Bharat. Hasil seleksi tersebut dipublikasikan oleh Ketua Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Pakpak Bharat, Budianta Pinem, dengan Pengumuman nomor 43/PANSEL-JPT PB/X/2016, tanggal 28 Oktober 2016.

Keenam kandidat tersebut yakni, Tekki Angkat (Kepala Bapemas, Pemdes, PP dan KB), Jalan Berutu (Kepala Dinas Pendidikan), Mester Padang (Staf Ahli Bupati), Mordehai Orba Suntuk (Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Pariwisata), Sahat Banurea (Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Diklat), dan Supardi Padang (Kepala Dinas Pertanian).

Selanjutnya, keenam calon Sekda akan mengikuti seleksi tahap berikutnya, yaitu Penulisan Makalah pada Selasa (2/11/2016), dan Wawancara, Rabu (3/11/2016) di Medan.

Di tempat terpisah, Bupati Pakpak Bharat Remigo Yolando Berutu saat dikonfirmasi menegaskan, lelang jabatan merupakan wujud komitmen Pemkab Pakpak Bharat dalam menggulirkan reformasi birokrasi menuju pemerintahan yang transparan dan akuntabel.

“Regulasi melalui Undang-undang nomor 5/2015 tentang Aparatur Sipil Negara, Peraturan Pemerintah nomor 18/2014 tentang Perangkat Daerah, dan Peraturan Menteri PAN-RB nomor 13/2014 tentang Tata Cara Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Secara Terbuka di Lingkungan Instansi Pemerintah sudah mengisyaratkan akan sistem seleksi terbuka dalam pengisian jabatan ini. Jadi sebenarnya tidak ada lagi alasan untuk tidak melaksanakan karena amanat Undang-undang serta peraturan tersebut,” katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, sebagai langkah awal pelaksanaan seleksi terbuka jabatan di lingkungan  Pemkab Pakpak Bharat, Bupati memutuskan untuk menggelar lelang jabatan tinggi pratama, yakni jabatan sekretaris daerah,

Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Diklat, Sahat Banurea, Kamis (13/10/2016) menjelaskan bahwa Pemkab Pakpak Bharat telah melayangkan pengumuman kepada Pemerintah Kabupaten/Kota se Sumatera Utara tentang pendaftaran Seleksi Pengisian Jabatan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat.

(baca: https://bataktoday.com/pakpak-bharat-gelar-lelang-jabatan-sekda) (BKK/rel)

News Feed