oleh

Ephorus HKBP: “Lingkungan Hidup, Agenda Prioritas HKBP Kedepan”

Silangit, BatakToday

Sehari setelah serah terima kepemimpinan, Ephorus Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Pdt Dr Darwin Lumban Tobing melakukan pertemuan dengan aktivis lingkungan hidup, hak asasi manusia, dan aktivis gereja di Tarutung, Sabtu (24/9/2016). Pertemuan itu membahas keseriusan HKBP untuk berperan dalam penyelamatan lingkungan hidup, khususnya di kawasan Danau Toba.

Pemimpin gereja protestan dengan jemaat sekitar 5 juta jiwa -terbesar di Asia- itu menyampaikan, demi mendukung agenda lingkungan hidup sebagai prioritas, khusus untuk wilayah se kawasan Danau Toba, Ephorus akan menempatkan para Praeses – pemimpin distrik- yang mengerti dan peduli (concern) dengan isu lingkungan hidup dan masalah-masalah terkait pengembangan Kawasan Danau Toba.

“Prioritas kedua adalah bagaimana tanah marga harus dihormati, jangan sampai terjadi peralihan tanah besar-besaran di kawasan Danau Toba yang pada akhirnya merugikan jemaat,” tambahnya.

Salah seorang perwakilan dari aktivis, Saurlin Siagian, menyampaikan apresiasi atas pertemuan yang secara khusus membahas agenda lingkungan hidup dan penyelamatan masyarakat adat itu.

“Persoalan lingkungan hidup dan pertanahan memuncak justru di wilayah di mana kantong-kantong jemaat gereja berada, sehingga peran gereja menjadi sangat krusial dan penting menjadi bagian dari solusi. Kita berharap HKBP berada digaris depan untuk membentengi jemaat dari penggusuran,” ungkapnya dalam pertemuan yang diselenggarakan di kantor Persekutuan Diakonia Pelangi Kasih, Silangit, Tapanuli Utara.

Dalam pertemuan itu, hadir para perwakilan aktivis lingkungan dan gereja yang berasal dari Hutan Rakyat Institute (HaRI), Persekutuan Doa Pelangi Kasih (PDPK), Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Tano Batak, Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) Sumut,  Kelompok Studi dan Pengembangan Prakarsa Masyarakat  (KSPPM), Pengembangan Masyarakat (Pengmas) HKBP, Lembaga Pelayanan Pengembangan Masyarakat (LPPM) GKPI, Departemen Diakonia HKI, Semasta dan Jaringan Kerja Lembaga Pelayanan Kristen (JKLPK). Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumban Tobing didampingi oleh Pdt. Sumurung Samosir dan beberapa stafnya.

Di akhir pertemuan, Ephorus menyampaikan pesan tentang kesediaan HKBP untuk kerjasama ke depan dalam mengawal agenda penyelamatan lingkungan hidup bersama warga jemaatnya, dan bisa bertemu kembali untuk merumuskan aksi bersama. (rel/ajvg)

News Feed