oleh

Erry Inginkan Investasi Pembangkit Listrik

Medan, BatakToday

Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi dalam sambutannya pada acara Sosialisasi UU Pengampunan Pajak (Tax Amnesty) oleh Presiden Jokowi di Hotel Santika Dyandra Medan, mengatakan bahwa pemerintah pusat memberikan perhatian besar terhadap Sumut dengan membangun sejumlah program strategis, diantaranya Tol Trans Sumatera, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangke di Kabupaten Simalungun yang akan terintegrasi dengan pengembangan Pelabuhan Kuala Tanjung.

“Nantinya akan ada jalur kereta api dari KEK Sei Mangke menuju Pelabuhan Kuala Tanjung, untuk memudahkan eksport komoditas kelapa sawit dan turunannya,” jelas Erry.

Kemudian pengembangan Kawasan Strategis Nasional (KSN) Danau Toba yang diharapkan menjadi destinasi wisata bertaraf internasional.

“Pengembangan kawasan Danau Toba sebagai Monaco of Asia, kita harapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia,” harap Erry.

Demikian juga prorgam pengaktifan kembali (reaktivasi) jalur kereta api Binjai menuju Besitang (Aceh) sepanjang 80 kilometer dan pembangunan jalan layang kereta api Stasiun Medan menuju Stasiun Bandar Khalipah sepanjang 8 kilometer.

“Reaktivasi jalur kereta api Trans Sumatera Medan-Aceh merupakan bagian dari proyek Trans Sumatra sepanjang 1.500 kilometer dari Lampung hingga Aceh. Masyarakat Sumatera Utara juga layak bangga, karena memiliki moda transportasi kereta api cepat yang melayani langsung ke bandara Kuala Namu Internasional Airport,” sebut Erry.

Untuk itu, Erry mengajak seluruh pengusaha dan pemilik modal di Sumut, untuk memanfaatkan program pengampunan pajak dan terlibat aktif dalam membangun kekuatan perekonomian di Sumut yang akan bermuara pada penyehatan ekonomi nasional.

“KEK Sei Mangke butuh investor. KSN Danau Toba juga butuh investor. Tol Trans Sumatra dan dan Tol Keretaapi juga sama. Ini adalah kesempatan,” ajak Erry.

Dalam kesempatan itu, Erry juga mengajak pengusaha dan milyarder untuk terlibat dalam penyiapan pembangkit tenaga listrik di Sumut.

“Dan yang lebih membuka peluang investasi di Sumut adalah pembangunan pembangkit listrik. Selama ini, Sumut terus mengalami krisis listrik. Suplai yang tersedia tidak mencukupi. Bahkan industri telah antre dalam daftar tunggu membutuhkan listrik,” terang Erry.

Dalam kesempatan itu, Erry juga mengatakan, pertumbuhan perekonomian Sumut pada triwulan pertama 2016 mengalami peningkatan 5,02 persen dibanding triwulan yang sama tahun 2015 lalu. Pertumbuhan ekonomi Sumut tersebut ditopang oleh tiga bidang yakni pertanian, kehutanan dan perikanan sebesar 22,8 persen, bidang indutri pengolahan 19,8 persen dan bidang perdagangan 17,71 persen.

“Pertumbuhan ekonomi Sumut ini tentu karena adanya dukungan program pemerintah terkait paket ekonomi,” sebut Erry.

Erry berharap, pengusaha memanfaatkan peluang pengampunan pajak yang diberlakukan pemerintah hingga 31 Maret 2017 mendatang.

“Sumut adalah roda perekonomian nasional bagian barat. Mari kita dukung Amnesti Pajak ini sebaik mungkin dalam mendorong Sumut Paten yang sejahtera,” tutup Erry. (afr)

Foto:

Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi memberikan sambutan dalam acara Sosialisasi Pengampunan Pajak (Tax Amnesty) di Hotel Santika Dyandra, Jl Maulana Lubis Medan, Kamis 21/7/2016 sore (bataktoday/afr)

News Feed