oleh

Fadli Zon: Harus ada alasan kuat jika Jokowi batalkan pelantikan BG

Merdeka.com – Presiden Joko Widodo berjanji bakal secepatnya memutuskan apakah akan melantik atau membatalkan Komjen Pol Budi Gunawan menjadi Kapolri. Beredar kabar, Jokowi batal melantik jenderal bintang tiga itu dan akan mencalonkan nama baru untuk diserahkan kepada DPR.

Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengatakan, harus ada alasan kuat jika Jokowi membatalkan pelantikan Budi Gunawan. Dia juga meminta kepada semua pihak agar tidak berspekulasi tentang jadi tidaknya pelantikan Budi Gunawan.

“Harus ada penjelasan dan alasan yang kuat. Kita tunggu saja. Tidak perlu spekulasi,” kata Fadli Zon di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (13/2).

Dia mengaku tidak mengetahui soal adanya kabar pembatalan pelantikan yang telah disampaikan kepada Ketua DPR Setya Novanto. Pihaknya masih menunggu sikap Presiden Jokowi soal nasib Budi Gunawan.

“Jadi kita tunggu putusan resmi dan final dari presiden itu seperti apa. Sejauh ini belum ada,” ucapnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Desmond J Mahesa memastikan Presiden Jokowi telah menyampaikan kepada DPR RI Setya Novanto, tidak akan melantik Komjen (Pol) Budi Gunawan sebagai kepala Polri. Desmond menjelaskan, Jokowi menyampaikan pembatalan pelantikan Budi Gunawan kepada ketua DPR melalui sambungan telepon.

“Yang saya ketahui, Jokowi menelpon ke Novanto, katanya hari Rabu malam. Katanya tidak akan melantik Komjen Budi, usulkan calon kapolri baru,” kata Desmond.

Namun, kabar itu langsung dibantah oleh Setya Novanto. Menurutnya, komunikasi antara dirinya dengan Jokowi memang kerap terjadi namun tak membahas soal pembatalan pelantikan.

News Feed