oleh

Final Euro 2016: “Pelintas Balik Hindarkan Simpang Ampat Siantar, Itupun Kalau Riko Percoyo…!”

Pematangsiantar, BatakToday

Pertandingan Final Piala Eropah 2016 akan dilangsungkan Senin (11/7) pukul 02.00 WIB, dini hari nanti. Laga antara Portugal vs Perancis untuk memperebutkan tempat terhormat di kancah sepakbola Eropah ini akan disiarkan secara langsung melalui beberapa stasiun televise, dalam maupun luar negeri.

Penggemar sepakbola di Kota Siantar dapat menyaksikan pertandingan ini di beberapa tempat yang menyelenggarakan nonton bareng, yang tersebar di sudut kota.

Simpang Ampat (Simpang Empat) yang selama ini menjadi tempat favorit para penggila bola di kota Siantar untuk menyaksikan berbagai laga tingkat dunia, tidak ketinggalan, juga akan menyelenggarakan nonton bareng pertandingan final ini.

Ketika dijumpai di kedainya, Janner Siahaan pengusaha Kedai Kopi Siahaan, yang berada persis di ‘pusat’ Simpang Ampat, Kampung Kristen, Pematangsiantar, mengatakan sudah mempersiapkan tempat duduk yang maksimal untuk memuaskan para pelanggannya pada pertandingan final Piala Eropah 2016, Senin (11/7) dini hari nanti.

“Partai final ini, pasti rame. Kita keluarkan semua meja kursi untuk penonton pagi nanti amangboru,” ujarnya kepada BatakToday, Minggu (10/7) petang hari.

Ditanya kapasitas kedainya untuk menampung penonton, Janner menyebut angka sekitar 250 tempat duduk.

“Kalau yang bisa dapat tempat duduk, sekaligus meja tempat minumannya, bisalah menampung 250 penonton. Selebihnya, silahkan menonton dari atas keretanya (sepedamotor,-red.), atau berdiri dari jalan sana,” ujarnya tertawa, sambil menunjuk ke arah jalan raya, Jalan Gereja tempat kedai ini berada.

Janner Siahaan, pengusaha Kedai Kopi Siahaan, sedang mempersiapkan tempat untuk nonton bareng pertandingan final Euro 2016, Jalan Gereja, Simpang Ampat, Pematangsiantar, Minggu 10/7/2016 (bataktoday/ajvg)
Janner Siahaan, pengusaha Kedai Kopi Siahaan, sedang mempersiapkan tempat untuk nonton bareng pertandingan final Euro 2016, Jalan Gereja, Simpang Ampat, Pematangsiantar, Minggu 10/7/2016 (bataktoday/ajvg)

Seperti biasanya, setiap pertandingan besar, Kedai Kopi Siahaan selalu dipenuhi penonton hingga “tumpah” ke Jalan Gereja, yang ada di depannya. Keadaan itu biasanya membuat kemacetan lalulintas di depan kedai ini.

Di seberang Kedai Kopi Siahaan terdapat kedai lain, yaitu Kedai Nainggolan. Kedua kedai ini sudah dikenal para penggila bola di Siantar, bahkan para pelintas yang menggemari permainan sepakbola. Pada hari-hari ‘biasa’ juga, para pelintas serng singgah untuk menyaksikan siarang langsung pertandingan sepakbola mancanegara.

Samuel Siahaan (12), anak laki-laki semata wayang Janner Siahaan, yang biasanya membantu orangtuanya meladeni para pelanggan saat ada siaran langsung pertandingan sepakbola, mengatakan jalan akan macet setiap ada pertandingan besar.

“Pasti macet nanti pagi amangboru, apalagi begini, final Euro. Belum lagi nanti kalau ada yang parkir dan menonton dari jalan, pasti macetlah. Kalau sudah rame, sedangkan truk aja lewat penonton tak perduli,” sebutnya menerangkan.

Pengamatan BatakToday selama ini, Simpang Ampat Siantar sering mengalami kemacetan lalulintas pada bagian ‘lengan’ Jalan Gereja-nya, saat berlangsung pertandingan sepakbola yang disiarkan langsung di kedua warung yang berada di kawasan ini.

Arus balik lalulintas dalam rangka Lebaran 1437 H dan cuti bersama tahun 2016 ini, diperkirakan masih akan bergerak hingga Senin (11/7) dini hari nanti.

Para pelintas balik yang akan melewati Kota Siantar, sebaiknya berpikir dua kali untuk melintas dari Jalan Gereja, Simpang Ampat Siantar, dini hari nanti saat berlangsungnya pertempuran antara Portugal vs Perancis dalam partai final Piala Eropah 2016.

Pengusaha Kedai Kopi Siahaan akhirnya berpesan kepada para pengendara, agar menghindari ‘keramaian’ di Jalan Gereja Simpang Ampat, dini hari nanti.

“Kalau memang bukan mau singgah untuk menonton, hindari lewat dari depan kedai ini pas pertandingan nanti. Itu pun kalau riko percoyo…,” pesan Janner diakhiri dengan tawa penuh canda. (ajvg)

Foto:

Kedai Kopi Siahaan (sebelah kiri) dan Kedai Kopi Nainggolan (sebelah kanan), tempat para penggemar sepakbola Kota Siantar untuk menyaksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan sepakbola mancanegara, Jalan Gereja, Simpang Ampat, Pematangsiantar, Minggu 10/7/2016 (bataktoday/ajvg)

News Feed