oleh

Gempa 7,8 SR Guncang Mentawai, Plt Gubernur Sumut Imbau Warga Nias Waspada

Medan, BatakToday

Gempa berkekuatan 8,3 Skala Richter (SR) disusul gempa  berkekuatan 7,8 Skala Richter mengguncang Kepulauan Mentawai, Rabu (2/3/2016) malam. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan gempa dengan kedalaman 10 kilometer itu berpotensi tsunami.

‪”Saya rasakan ada dua goncangan. Goncangan pertama sekira pukul 19.50 WIB dan goncangan kedua sekira pukul 19.55 WIB,” kata seorang warga Mentawai bernama Ety (50) ketika dihubungi melalui selulernya.

Warga berhamburan, dan masih tetap siaga. “Kami berkumpul sekitar rumah. Kami siaga satu takut air naik dan tsunami,” ujarnya.

Informasinya, gempa tersebut juga dirasakan warga Kota Padang.

Menanggapi hal ini, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara (Sumut)  Tengku Erry Nuradi mengimbau masyarakat di kepulauan Nias untuk berjaga-jaga dan bersiaga mewaspadai potensi tsunami.

Dalam imbauannya, Erry menyerukan kepada masyarakat di Kepulauan Nias untuk tidak panik dan tetap tetang. Kendati begitu, masyarakat harus tetap waspada akan potensi tsunami.

“Saya belum mendapat kabar apakah gempa Mentawai berdampak hingga ke Kepulauan Nias. Karena Nias adalah daerah terdekat dari Mentawai di wilayah Sumatera Utara,” sebut Erry.

Erry juga mengimbau Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Gunung Sitoli, Kabupaten Nias, Nias Selatan, Nias Utara dan Nias Barat untuk terus berkoordinasi terkait ancaman potensi tsunami.

“Segera beri informasi dini potensi tsunami kepada masyarakat, agar masyarakat dapat melakukan upaya penyelamatan,” pesan Erry.

Gempa Mentawai 7,8 SR terjadi di Lempeng Oceanic sesar geser arah horizontal dengan titik koordinat 4.92 Lintang Selatan – 94.38 Bujur Timut di kedalaman 10 km pada pukul 19.49 WIB.

Sekitar pukul 23.00 WIB, akhirnya Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencabut peringatan dini mengenai bahaya terjadinya tsunami akibat gempa bumi yang pertama, berkekuatan 8,3 pada Skala Richter yang terjadi sebelumnya.

Informasi terakhir yang diperoleh BatakToday, pada pagi ini, Kamis (3/3) pukul 09.28 WIB, kembali terjadi gempa susulan, berkekuatan 5,3 pada Skala Richter, pusat gempa pada 5,13 LS-93,65 BT, dengan kedalaman 10 Km, 716 Km Barat Daya Kep. Mentawai, Sumatera Barat, dan tidak berpotensi tsunami.

Hingga berita ini diturunkan, telah terjadi  5 kali gempa susulan setelah gempa yang pertama pada Rabu 2/3/2016, pukul 19.49.41 WIB. Sumber di Badan Nasional Penanggulangan Bencana mengatakan, belum menerima laporan tentang adanya korban jiwa akibat gempa di Kepulauan Mentawai. (AFR/ajvg)

 

Foto:

Informasi gempa susulan yang ke-5, berkekuetan 5,3 pada Skala Richter, Kamis 3/3/2016, pukul 09.28 WIB (bmkg.go.id)

News Feed