oleh

Gerakan Damai Nusantara: “Bersatulah Indonesia”

Bekasi, BatakToday

Petisi Indonesia Damai yang diinisiasi Gerakan Batak Muda Dunia (Badania), sesuai dengan yang dijanjikan saat car free day (CFD) di sekitar Bundaran HI, Jakarta, hari Minggu lalu (07/05/2017), kembali dilaksanakan di kota selain Jakarta, yaitu Kota Bekasi.

Pada Minggu pagi (14/05/2017), dimulai sekitar pukul 06.30 Wib, di tengah-tengah berlangsungnya car free day di kawasan Stadion Patriot Candrabaga, Kota Bekasi, Badania dengan mendapat dukungan dan sekaligus bekerjasama dengan para aktivis Gerakan Garda Nusantara (GARDAN), menyelenggarakan aksi untuk menyebarluaskan gerakan untuk Indonesia Damai dengan Petisi “Bersatulah Indonesia”.

Gerakan Damai Nusantara (GARDAN) di kawasan Stadion Kota Bekasi (Foto: Charles Siahaan)
Gerakan Damai Nusantara (GARDAN) di kawasan Stadion Kota Bekasi (Foto: Charles Siahaan)

Dalam aksi ini, GARDAN yang diketuai oleh Doddy Siahaan SH, mengeluarkan Petisi “Bersatulah Indonesia” dengan 5 butirnya yaitu 1) Pastikan Pancasila sebagai Jatidiri Bangsa, 2) Pastikan Negara Hadir sebagai Pelindung Rakyat, 3) Bhinneka Tunggal Ika, 4) Wujudkan Rakyat Mandiri dan Berdaulat, serta 5) Wujudkan Pilkada Bersih, Bermutu & Berintegritas.

GARDAN di salah satu sudut Stadion Kota Bekasi (Foto: Charles Siahaan)
GARDAN di salah satu sudut Stadion Kota Bekasi (Foto: Charles Siahaan)

Doddy dalam pernyataannya menyampaikan pesan agar Bangsa Indonesia memelihara perdamaian, dan tetap bersatu.

“Kita harus bersatu, agar Negara Indonesia ini selalu jaya! Damailah Indonesia, berdamailah bagi Bangsa Indonesia tercinta,” pesannya singkat.

Aksi ini menarik perhatian masyarakat Bekasi yang sedang mengikuti car free day, terutama kaum remaja yang hadir di sekitar stadion Bekasi pagi itu. Aksi ini, seperti juga pada minggu lalu di Bundaran HI Jakarta, diisi dengan penandatanganan petisi oleh anggota masyarakat yang hadir dalam kegiatan ini.

Charles Siahaan dari Badania, menyemangati sejumlah remaja pelajar yang sebagian datang dari kota-kota sekitar Bekasi, agar tetap bersatu untuk Indonesia.

Dengan mengutip kata-kata dari puisi Chairil Anwar “Karawang-Bekasi”, Charles membakar semangat kaum muda yang hadir di tempat itu. Dia juga menekankan agar Pancasila dijadikan sebagai benteng dalam menghadapi adanya upaya pihak tertentu untuk memecah-belah Bangsa Indonesia.

Tandatangan untuk Petisi Bersatulah Indonesia (Foto: Charles Siahaan)
Tandatangan untuk Petisi Bersatulah Indonesia (Foto: Charles Siahaan)

“Kami mencintai, kami tunjukkan bahwa Indonesia bagian dari jati diri kami, sesuai sejarah, sesuai dari mana kami lahir, yaitu dari rahim Ibu Pertiwi. Kami ingin Indonesia tetap jaya dengan persatuan. Kami menolak segala macam bentuk perpecahan, menolak segala macam bentuk pelecehan Nusa dan Bangsa, Indonesia…! Dalam lingkup Pancasila, Pancasila Jaya. Bahwa itulah benteng kita untuk menghadapi segala perpecahan, bukan hanya demokrasi. Kami menolak racun dan candu demokrasi, tapi kami melengkapi dan memantapkan diri kami dengan Pancasila. Hidup Bekasi, Hidup Indonesia…!” seru Charles, yang menyebut komunitasnya sangat mencintai perdamaian, meski melakukan gerakan ‘tanpa lilin’.

Gerakan Damai Nusantara (Foto: Charles Siahaan)
Gerakan Damai Nusantara (Foto: Charles Siahaan)

Rencananya, Gerakan Garda Nusantara (GARDAN) akan melanjutkan aksi ini di kelima wilayah Kota Jakarta, Jabodetabek, dan ke seluruh Indonesia, untuk menyampaikan pesan-pesan moral dan mendukung pemantapan ideologi Pancasila di seluruh Negeri. (ajvg)

News Feed