oleh

#Gerakan2000Posko dan Bakti Sosial Pengobatan Gratis

Jakarta, BatakToday

Aksi yang dilakukan Gerakan Relawan Independen Pemburu Politik Uang dari Komunitas CHARSIA berlangsung di kawasan padat yang dihuni masyarakat miskin marjinal di Cakung Barat RT14/RW04, Jakarta Timur. Para Relawan Pemburu Politik Uang hadir untuk memberi pelatihan “Sablon Kaos”, sekaligus mengajak para relawan baru untuk membuka posko Pemburu Politik Uang, Selasa sore (07/03/2017) sekitar pukul 14.00 Wib.

Bersamaan dengan aksi para Relawan Pemburu Politik Uang dari Komunitas Charsia, di tempat itu juga berlangsung Bakti Sosial berupa penyelenggaraan Pengobatan Gratis bersama kelompok relawan lainnya, yaitu BESHOK, DAG, Forsilat Cakung, yang dikoordinir oleh Nancy Weber dan Sandy. Pengobatan ini melayani 230 orang warga dengan berbagai jenis gangguan kesehatan.

Dalam kesempatan itu, Komunitas Charsia melakukan sosialisasi serta mengajak warga untuk berpartisipasi dalam Gerakan Pilkada Bersih-Pemburu Politik Uang. Warga setempat yang turut berpartisipasi umumnya dengan latar belakang ‘profesi’ masyarakat marjinal, seperti penjaja kopi, tukang bubur, tukang sayur, dan pekerjaan non-formal lainnya.

Pengobatan Gratis (cs)
Pengobatan Gratis (cs)

Menjadi hal yang sangat membesarkan hati dan menambah semangat para Relawan yang datang, ketika aksi yang pada mulanya ditujukan untuk menyentuh hingga ke tingkat akar rumput terdalam, tetapi kejutan yang ditemui justru warga turut menyisihkan dan mengumpulkan uang mereka untuk membantu gerakan ini. Mulai dari uang seribu, lima ribu, sepuluh ribu, dan pecahan lainnya.

Charles Siahaan, koordinator Komunitas Charsia, mengekspresikan apresiasinya untuk warga yang sudah semakin berani terlibat dan sekaligus juga menikmati perannya sebagai subyek dalam proses pendewasaan demokrasi di Negeri ini.

“Salut dan sangat menggugah, warga miskin dan marjinal semakin berani terlibat secara positip. Apa yang kami saksikan hari ini adalah warga yang merasa senang dalam keterlibatannya untuk turut membasmi praktik politik uang. Luar biasa, mereka punya kemauan untuk berperan aktif, bukan lagi sebagai obyek,” puji Charles bangga.

Warga yang amat antusias dan merespon aksi ini secara positip, sepakat untuk melakukan kegiatan Latihan Nyablon dan Nyablon Gratis yang akan dilaksanakan Sabtu 11 Maret 2017, di 3 titik lokasi di wilayah Cakung Barat. Warga diminta untuk membawa beberapa kaos bekas untuk disablon pada pertemuan berikut.

Komunitas Charsia mengajak warga untuk mendirikan posko di rumah atau tempat masing-masing. Posko ini sebagai tempat berkomunikasi untuk mengawasi, memburu dan menangkap para petugas siluman dari kubu paslon manapun.

Charles Siahaan SH, dari Komunitas CHARSIA, di Posko Pemburu Politik Uang (cs)
Charles Siahaan SH, dari Komunitas CHARSIA, di Posko Pemburu Politik Uang (cs)

Sabar Mangadu Tambunan, dari Gerakan Relawan Independen-Pemburu Politik Uang menyebutkan, dengan senang hati akan berkerjasama dengan kelompok relawan manapun, baik yang independen maupun Kelompok Pendukung Paslon dalam gerakan ini.

“Yang penting, tujuan kami adalah mengedukasi warga agar mau dan mampu melawan praktek politik uang. Terserah warga mau memilih Paslon manapun,” sebutnya.

Gerakan Relawan Independen-Pemburu Politik Uang demi Pilkada Jakarta Bersih ini bertujuan mengdukasi warga bahwa Politik Uang adalah biang kerok dari semua kebobrokan dan kebusukan. Kemudian untuk memberi peluang menang lebih besar bagi paslon manapun yang tidak mengandalkan politik uang.

Para Relawan bersama warga di pemukiman padat akan melawan praktek politik uang di daerahnya masing-masing. Untuk itu didirikan posko Pemburu Politik Uang sebanyak-banyaknya. Ditargetkan mencapai minimal 2000 Posko untuk sekitar 14.000 TPS dalam Pilkada DKI. Dengan perkiraan masing-masing posko bertanggung jawab dalam wilayahnya untuk mengawasi 7 TPS. (rag)

#Gerakan2000Posko

 #2000POSKO

News Feed