oleh

Gideon Purba Minta PNS Simalungun Netral

Simalungun, BatakToday

Pelaksana Harian (Plh) Bupati Simalungun, Gideon Purba, meminta seluruh jajaran PNS di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun bersikap netral dalam pelaksanaan Pilkada 2015. Hal itu disampaikan Gideon saat memimpin apel gabungan di halaman Kantor Bupati Simalungun di Pematang Raya, Selasa (17/11) pagi.

“Sesuai dengan peraturan bahwa PNS harus tetap netral dalam pilkada mendatang, baik dalam perilaku maupun percakapan. Siapa pun yang akan menjadi bupati, kita harus legowo menerimanya,” ujarnya.

Dia kemudian mengingatkan, saat ni pemerintah sudah membentuk Komisi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas untuk mengawasi sekaligus menyelidiki para pegawai dalam pelaksanaan pilkada mendatang.

“Komisi ASN inilah yang mengawasi. Mereka bekerja seperti intelijen dan menginformasikan segera kepada Komisi ASN pusat bila mendapati PNS yang terlibat dalam pilkada. Dan jika bukti-bukti keterlibatan cukup, PNS tersebut dapat dikeluarkan dari status PNS,” terangnya, mengingatkan.

Gideon juga mengajak PNS di jajaran Pemkab Simalungun agar tetap menjaga suasana kondusif dan bisa menjadi teladan di tengah-tengah keluarga dan lingkungan masing-masing.

Terlebih, katanya, Kabupaten Simalungun terkenal sebagai daerah yang menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama.

“Jangan kita kait-kaitkan isu agama dalam pilkada mendatang, karena pilkada adalah untuk memilih pemimpin di daerah. Dan jangan kita terpengaruh terhadap isu-isu yang akan memecah belah persatuan dan kesatuan kita,” pungkasnya. ™

Foto: Plh Bupati Gideon Purba saat memimpin apel di  halaman Kantor Bupati Simalungun di Pematang Raya, Selasa (17/11). (bataktoday/rel).

News Feed