oleh

Hari Ini, 517 Calon Komisioner KPU & Bawaslu Ikuti Tes Tertulis

Jakarta, BatakToday –

Sebanyak 517 orang calon komisioner Komisi Pemilhan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) masa tugas 2017-2022 yang dinyatakan lolos seleksi akan mengikuti seleksi tertulis pada Selasa, (6/12/2012) pagi hari ini di Gedung Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Kalibata, Jakarta.

Ketua Tim Seleksi (Timsel) KPU-Bawaslu, Saldi Isra menjelaskan, para peserta akan mengikuti tes tertulis yang dibagi dalam tiga kategori. Pertama, para peserta akan diberikan soal berupa pilihan ganda. Soal tersebut seputar pengetahuan umum.

“Mengetahui secara eksak tentang kepemiluan,” ujar Saldi usai mengikuti rapat Timsel di Hotel Santika Premier Jakarta, Senin (5/12/2016) kemarin.

Kedua, tes sebab akibat. Melalui tes ini akan digali pengetahuan dan pemahaman para peserta dengan cara menganalisis persoalan-persoalan terkait kepemiluan. Ketiga, soal yang berupa jawaban tertulis atau esai. Tes ini guna mengetahui pengetahuan umum dan berargumentasinya.

“Nanti ada pembedaan soal calon KPU dan Bawaslu, sebab ladang kewenangannya beda, yakni penyelenggaraan dan pengawasan kasus, lalu menjelaskan kasus sesuai kewenangan yang dimiliki,” terang Saldi.

Lebih lanjut dijelaskan, para peserta juga diwajibkan membuat makalah. Makalah personal tersebut harus diserahkan kepada Tim Seleksi pada hari pelaksanaan tes tertulis. Kemudian tes psikologi akan dilaksanakan keesokan harinya, Rabu (7/12/2016).

Sedangkan tes kesehatan kloter I akan dilaksanakan pada Sabtu (10/12/2016) pukul 07.00 WIB di RSPAD Gatot Subroto, Jalan Dokter Abdul Rahman Saleh Nomor 24, Jakarta Pusat. (marc/rel)

News Feed