oleh

Hari Ini: “Pangompoion Sopo Parguruan Bius Motung Siopat Marga”

Motung, BatakToday-

Setelah menjalani proses persiapan dan pengerjaan yang cukup panjang, dengan konsep Marsiadapari (gotong royong) oleh warga Masyarakat Adat Bius Motung Siopat Marga, sepanjang 6 bulan lebih, Sopo Parguruan Bius Motung Siopat Marga hari ini, Rabu 11 Desember 2019, diresmikan untuk selanjutnya digunakan.

Peresmian dilangsungkan melalui sebuah pesta adat dengan rangkaian acara yang dimulai sejak pagi hari, pukul 08.00 Wib hingga selesai, di lokasi Sopo Parguruan, Simpang Gereja HKBP Motung, Lumban Tonga-tonga, Desa Motung, Kecamatan Ajibata Kabupaten Toba Samosir Provinsi Sumatera Utara.

Rencananya, pesta peresmian akan diisi dengan rangkaian acara Mangadati Pande Tungkang, Mardum Itak, Marhata Raja, Tortor Raja Bius, Pangurason, dan Hiburan.

Dalam undangan yang diterima Redaksi BatakToday, disebutkan, dalam acara ini pihak panitia pesta juga mengharapkan sumbangan/Donasi Buku untuk anak-anak, buku-buku tentang Sejarah Batak, alat-alat musik tradisional Batak-Toba, Alat Tulis, buku bacaan tentang Pertanian, Kehutanan, Lingkungan Hidup, Ekonomi, Hukum, Pertanahan, Teknologi dan Inovasi produk, Kuliner, Ramuan Herbal dan buku-buku tentang kerajinan tangan.

Untuk informasi, Sopo Parguruan dapat dihubungi melalui Edy Sopian Manurung, di 0812-6449-3691; Panto Sitorus : 0823-6420-8984; dan Gudmen Manurung : 0812-6040-9857. (ajvg)

News Feed